Advertisement

5 Tips Aman Cari Teman Kencan di Tinder

Feni Freycinetia Fitriani
Kamis, 11 Februari 2021 - 22:47 WIB
Budi Cahyana
5 Tips Aman Cari Teman Kencan di Tinder Aplikasi Tinder - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pandemi 2020 membuat manusia sadar hampir semua aktivitas dapat dilakukan secara digital (daring) dengan bantuan teknologi. Salah satunya mencari teman kencan melalui aplikasi Tinder.

Bersosialisasi online memiliki banyak sisi positif, misalnya memperluas koneksi pertemanan di dalam maupun dari luar negeri. Anda bisa mencari teman yang memiliki hobi sama. Siapa tahu bisa melangkah ke tahap selanjutnya.

Advertisement

Sejalan dengan semangat Safer Internet Day 9 Februari, pengelola aplikasi Tinder mengingatkan agar pengguna lebih berhati-hati ketika terhubung dengan orang baru secara online. Berikut tips dan fitur penting agar aman mencari teman kencan via Tinder:

1. Verifikasi Foto, Check!
Ada hal utama yang harus diperhatikan ketika kamu swipe pengguna lain di Tinder, yaitu foto profile. Pastikan profil calon match kamu sudah ada tanda centang biru. Untuk melakukan foto verifikasi ini bukan hanya harus dilakukan oleh calon match, tetapi juga diri kamu sendiri.

Setelah melakukan verifikasi foto, sistem Tinder akan mengonfirmasi bahwa kamu adalah orang yang sesuai dengan yang ada di foto profil dan kamu akan dapat centang biru. Dengan begitu, baik kamu maupun calon match kamu akan merasa lebih aman dan nyaman ketika Swiping.

2. Jangan Buru-Buru Ketemu
Kedua, usahakan tetap berkomunikasi di dalam aplikasi dan jangan buru-buru untuk ketemuan di dunia nyata bersama calon match kamu. Selain pandemi Covid-19, jangan bertemu langsung jika kamu yakin dengan match.

Kamu bisa nilai dari obrolan-obrolan kamu selama di aplikasi atau memulai berkomunikasi lewat video (video chat) menggunakan fitur Face-to-Face Video Chat di Tinder.

3. Hormati Semua Orang
Salah satu sifat yang harus dijaga saat bersosialisasi adalah menghormati orang lain. Kamu bisa mengimplementaskan pelajaran tersebut ketika kamu bersosialisasi online. Jika kamu dan match saling menghormati, pasti obrolan akan semakin nyambung dan menyenangkan.

Segera buat laporan apabila match kamu mengirimkan pesan yang mengandung unsur pelecehan, ancaman, perkataan yang menyinggung, perilaku yang tidak pantas selama obrolan berlangsung di aplikasi Tinder.

4. Beritahu Orang Lain
Apabila kamu dan dia tetap ingin ketemu di dunia nyata, sebaiknya pilih tempat umum atau tempat terbuka. Namun, perlu diingat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Selain itu, kamu sebaiknya memberi tahu orang terdekat jika bertemu match di suatu tempat.

5. Jaga Percakapan Ringan dan Menyenangkan
Ketika mengobrol dengan match, cobalah untuk menjaga percakapan mengenai aktivitas dan hobi kalian secara umum. Apalagi, jika kamu masih di tahap awal. Hindari untuk memberitahu informasi pribadi kepada match kamu, apapun alasannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement