Advertisement

Tips Cat Ulang Sepeda Motor Secara Mandiri

Jumali
Rabu, 13 April 2022 - 08:17 WIB
Jumali
Tips Cat Ulang Sepeda Motor Secara Mandiri Proses perakitan Honda PCX dengan tampilan terbaru yang dilakukan karyawan PT Astra Honda Motor di Plant Sunter, Jakarta Utara (10/2)./ Ist - AHM

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Melakukan cat ulang terhadap sepeda motor bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Hanya saja, karena ketidaktahuan membuat usaha melakukan cat ulang sepeda motor justru berakhir dengan hasil yang tidak diinginkan.

Sebab, banyak yang mengubah cat sepeda motor dengan jalan langsung menyiram komponen dengan menggunakan warna utama. Padahal ada beberapa tahapan yang harus dilalui saat cat ulang sepeda motor. Berikut tahapan yang harus Anda lalui saat cat ulang sepeda motor :

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

- Amplas

Anda harus melakukan pengamplasan terhadap bagian motor yang akan dicat ulang. Pengamplasan bisa dilakukan dengan bantuan air. Adapun tujuan dari pengamplasan adalah membuka pori-pori dari cat lama agar cat yang baru bisa melekat lebih kuat. Khusus untuk komponen berbahan besi atau aluminium Anda bisa menggunakan paint remover.

- Warna dasar

Anda bisa melakukan pelapisan epoxy (warna dasar). Tahapan ini dilakukan sebagai awalan sebelum komponen sepeda motor tersebut dicat lagi. Untuk penyemprotan epoxy bisa dilakukan dengan lapisan tipis terlebih dahulu hingga semua bagian tertutup rata.

- Warna utama

Teknik penyemprotan warna utama sama dengan penyemprotan warna dasar, yakni diawali lapisan tipis terlebih dahulu hingga semua bagian tertutup rata. Pelapisan warna utama juga perlu dilakukan sebanyak dua atau tiga kali.

- Clear

Anda bisa menyemprotkan clear coat sebagai langkah terakhir dalam mengecat motor. Clear coat bisa dilakukan sebanyak dua atau tiga lapisan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Garuda Indonesia Buka Opsi Penggunaan Jilbab untuk Pramugari

News
| Sabtu, 04 Februari 2023, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Sungai Ini Punya Air Super Jernih, Hingga Perahu yang Melintas Seperti Melayang di Udara

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement