Advertisement

Setelah Menemani 27 Tahun, Microsoft Hentikan Browser Internet Explorer

Rahmi Yati
Kamis, 16 Juni 2022 - 04:37 WIB
Sirojul Khafid
Setelah Menemani 27 Tahun, Microsoft Hentikan Browser Internet Explorer Ilustrasi browser komputer - Creative Commons

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Setelah menemani pengguna Sethampir 27 Tahun, Microsoft mengakhiri dukungan untuk Internet Explorer pada beberapa versi Windows mulai 15 Juni 2022.

Setelah mencapai akhir masa pakainya, media browser lawas yang diluncurkan pada 24 Agustus 1995 ini akan diganti dengan Microsoft Edge baru berbasis Chromium. Dengan begitu, pengguna juga secara otomatis akan dialihkan ke Edge saat meluncurkan IE11.

Advertisement

Dilansir dari Bleeping Computer, Rabu (15/6/2022), penghentian ini akan memengaruhi aplikasi desktop Internet Explorer 11 pada versi Windows 10 tertentu yang dikirimkan melalui Saluran Semi-Tahunan (SAC) ke sistem yang menjalankan SKU klien Windows 10 (versi 20H2 dan yang lebih baru) dan Windows 10 IoT (versi 20H2 dan yang lebih baru).

BACA JUGA: Waspada! Separuh dari Upaya Phishing Sasar Sektor Keuangan

Internet Explorer juga tidak tersedia di Windows 11 karena Microsoft Edge baru berbasis Chromium adalah browser web default. Termasuk Windows 7 ESU, Windows 8.1, dan semua versi klien Windows 10 LTSC, IoT, dan Server.

"Aplikasi desktop Internet Explorer [IE] 11 akan mengakhiri dukungan untuk saluran semi-tahunan Windows 10 mulai 15 Juni 2022," kata Microsoft dalam keterangan resminya.

Adapun untuk sistem operasi yang didukung Internet Explorer 11 akan terus menerima pembaruan keamanan dan dukungan teknis untuk menghidupkan versi Windows yang diinstal.

Meski begitu, dihentikannya layanan Internet Explorer ini sepertinya tidak mengejutkan siapa pun karena Microsoft telah mendorong pelanggan untuk beralih dari Internet Explorer selama beberapa tahun terakhir.

Pada Agustus 2020, perusahaan mengumumkan rencana untuk menghentikan dukungan untuk browser web Internet Explorer 11 di Windows 10 dan Microsoft 365, dengan pengumuman resmi penghentian aplikasi desktop Internet Explorer 11 dikeluarkan pada 19 Mei 2021.

BACA JUGA: Samsung Galaxy S22 Ultra 5G Hasilkan Film Seperti Sediakala

Kemudian Microsoft melanjutkan untuk menghentikan dukungan IE di Teams pada 30 November 2020, dan mengakhiri dukungan di seluruh perangkatnya.

"Pelanggan didorong untuk pindah ke Microsoft Edge dengan mode IE. Mode IE memungkinkan kompatibilitas mundur dan akan didukung setidaknya hingga 2029," tambah Microsoft.

Sebagai informasi, untuk mengaktifkan mode IE di Edge, Anda harus membuka edge://settings/defaultbrowser, aktifkan 'Izinkan situs untuk dimuat ulang di Internet Explorer,' dan mulai ulang browser web.

Dalam panduan Memulai ini, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang mode IE dan cara bertransisi ke Microsoft Edge yang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement