Advertisement

Cara Mengisi Daya Laptop Agar Tidak Gampang Rusak

Newswire
Minggu, 10 Juli 2022 - 03:37 WIB
Sirojul Khafid
Cara Mengisi Daya Laptop Agar Tidak Gampang Rusak Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Saat ini laptop seakan menjadi barang yang akrab bagi masyarakat, terutama para pekerja yang kesehariannya menggunakan alat ini. Salah satu komponen yang harus mendapat perhatian adalah baterai laptop. Baterai merupakan tenaga untuk menghidupkan laptop saat jauh dari stop kontak atau sedang mobile.

Untuk itu baterai juga harus dirawat dengan baik, salah satunya cara mengisi daya baterai laptop agar awet dan tidak cepat drop.

Advertisement

Untuk itu Anda harus tahu cara benar charge laptop. Berikut cara yang benar saat isi daya laptop seperti dikutip dari Lenovoku.com dan Fauxsaics.com

Matikan laptop saat dicharge

Ketika charge laptop, sebaiknya matikan perangkat elektronik tersebut. Jangan karena ingin pekerjaan atau tugas cepat selesai Anda menggunakan laptop saat dicas.

BACA JUGA: Apple Dapatkan Hak Paten Layar Tahan Lembab dan Guyuran Hujan

Lepas kabel saat sudah penuh

Cara benar charge laptop berikutnya adalah melepas kabel charger saat baterai sudah penuh. Karena ketika kabel charger tercolok terus, akan membuat baterai panas dan merusak komponennya.

Jangan nunggu laptop mati total

Kebiasaan menggunakan laptop hingga baterainya habis, kemudian baru di charger akan berakibat buruk pada perangkat keras di dalam baterai. Jadi usahakan charge laptop sebelum daya baterai di bawah 20%.

Gunakan charger asli

Cara benar charge laptop berikutnya adalah menggunakan charger asli. Hal ini dikarenakan kecepatan arus daya baterai laptop dengan kabel charger asli sudah disesuaikan. Menggunakan charger yang bukan original atau kw mengakibatkan arus listrik tidak stabil dan membuat baterai cepat bocor, panas dan rusak.

BACA JUGA: Dalam Penjualan 2 Hari, Huawei Band 7 Diklaim Terjual 10.000 Unit

Jangan colokan bercabang

Kenyataanya melakukan charge baterai laptop ke colokan bercabang dapat menyebabkan baterai cepat bocor. Karena daya listrik yang digunakan terbagi sehingga arus listrik tidak stabil.

Perhatikan temperatur

Cara benar charge laptop lainnya adalah perhatikan temperatur laptop jangan di lokasi terlalu panas. Sebaiknya kondisikan laptop di tempat dengan temperatur yang normal saat charge.

Jangan sering lepas baterai laptop

Berikutnya yang tidak boleh diabaikan adalah, jangan sering melepas baterai laptop. Terlalu sering melepas baterai laptop dan langsung menghubungkan laptop ke aliran listrik akan berakibat fatal pada masa pemakaiannya.

Artikel ini sebelumnya tayang di Solopos.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

DPR Sentil Kinerja BPKH terkait Usulan Kenaikan Biaya Haji

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lava Bantal, Destinasi yang Dahulu Hanya Jadi Objek Penelitian Mahasiswa

Wisata
| Jum'at, 27 Januari 2023, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement