Advertisement

Tumbuh di Atas Wholesales, Pabrikan Utamakan Produksi Mobil Populer

Jaffry Prabu Prakoso
Rabu, 20 Juli 2022 - 01:37 WIB
Sirojul Khafid
Tumbuh di Atas Wholesales, Pabrikan Utamakan Produksi Mobil Populer Robot pekerja tengah menyelesaikan proses produksi kendaraan bermotor. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Meski semikonduktor masih terbatas, beberapa pelaku industri otomotif mengaku produksi mobil mulai meningkat. Pengamat otomotif, Yuniadi Haksono Hartono, mengatakan bahwa hal tersebut bisa dilihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Penjualan dari pabrik ke diler atau wholesales tumbuh 20 persen pada semester I/2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu, sedangkan produksinya naik 28 persen.

Advertisement

“Ini kelihatan produksi sedang dikejar. Mungkin untuk mengejar ketertinggalan di awal tahun,” katanya saat dihubungi, Senin (18/7/2022).

Dugaan sementara Adi, hal tersebut bisa terjadi karena produsen mengalihkan semikonduktor untuk mobil yang permintaannya lebih besar dan paling laku di pasaran.

BACA JUGA: Mobil Listrik Wuling Air Ev Diklaim Bisa Hadapi Tanjakan di Puncak

Dia mencontohkan Honda BR-V akan menjadi prioritas dibandingkan model sedan. Itu pun terbukti dari penjualan mobil tersebut yang mulai tumbuh.

“Namun yang tidak kalah penting adalah mereka ingin menjaga kepercayaan konsumen. Nah, yang inden itu pasti harus didahulukan karena menyangkut kredibilitas merek terhadap kepuasan pelanggan,” jelasnya.

Sementara itu, Adi optimistis permintaan mobil pada sisa tahun 2022 akan meningkat. Dia sangat yakin apabila produksi lancar karena pasokan semikonduktor mengalir dan tidak ada inden, penjualan kendaraan lebih tinggi dari sekarang.

Hal tersebut dengan syarat Covid-19 tidak semakin parah. Yuniadi mengkhawatirkan konsumen membatalkan pemesanan karena roda ekonomi kembali dibatasi.

BACA JUGA: Mercy Segera Luncurkan Kendaraan Elektrik di Indonesia, Tangkap Tingginya Minat Masyarakat

Apabila pemerintah masih dapat mengatasinya, optimisme bisa terjaga dan kelangkaan pasokan bisa diatasi. Dengan begitu, target penjualan mobil nasional sebesar 900.000 unit dapat tercapai.

“Saya yakin target bisa tercapai, sedangkan pada pertengahan tahun 2022 sudah terjual 470.000 sekian. Harusnya 900.000 unit atau lebih bisa tercapai,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement