Advertisement

Parkee Investasi ke Perusahaan AI, Bangun Sistem Parkir Canggih

Aziz Rahardyan
Senin, 05 September 2022 - 08:37 WIB
Sirojul Khafid
Parkee Investasi ke Perusahaan AI, Bangun Sistem Parkir Canggih Parkir Sepeda Motor. - ANTARA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Perusahaan pengelola perparkiran PT. Centrepark Citra Corpora bersama platform Parkee (PT Inovasi Anak Indonesia) selaku anak usahanya, berinvestasi ke perusahaan pengembang artificial intelligence (AI) yakni Alfabeta.

Direktur Utama Centrepark Citra Corpora, Charles Richard Oentomo, mengungkap bahwa investasi ini membuka peluang kolaborasi terkait upaya membangun sistem perparkiran berbasis AI di Tanah Air yang siap bersaing di kancah global.

Advertisement

"Kami ingin ciptakan one stop solution untuk klien kami. Seperti pusat perbelanjaan, airport, seaport, jadi mencakup berbagai identifikasi data, baik kendaraan maupun penggunanya. Teknologi ini akan terus berkembang," ujar Charles dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (4/9/2022).

Investasi itu dilakukan melalui Perjanjian Pengalihan Saham (PPS) antara Parkee dengan Alfabeta di Treasury Tower Jakarta, 31 Agustus 2022. Parkee sendiri merupakan bagian dari CentrePark Group sejak meluncur pada medio 2019.

Parkee menjadi platform layanan reservasi dan pembayaran parkir digital. Pengalaman Parkee meliputi pengelolaan berbagai area parkir gedung pencakar langit dan area komersial, perumahan hingga township di 50 kota di Indonesia, mulai dari Jakarta, Tangerang, Surabaya, Bandung, Medan, Batam, Semarang, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Ramai Data SIM Card Bocor, Begini Cara Cek Nomormu Aman atau Tidak

Parkee pun mengaku teknologi bakal memperkuat keunggulannya, saat nantinya pengguna tidak perlu repot menyiapkan uang tunai untuk pembayaran. Setiap transaksi langsung akan terhubung melalui aplikasi di ponsel pengguna, pembayaran pun bisa dilakukan melalui QRIS maupun e-wallet demi kepraktisan.

"Teknologi ini bukan hanya memberi manfaat bagi pengelola gedung, melainkan juga bagi pengguna parkir, yakni keamanan yang optimal. Setiap kendaraan yang masuk akan terdeteksi mulai dari plat nomor, jenis, logo bahkan hingga warna kendaraannya. Sehingga, jika ada upaya mengganti pelat nomor di area parkir, maka bisa langsung terdeteksi," tutup Taufiq.

Oleh sebab itu, CentrePark berharap sinergi ini melahirkan sistem berbasis AI di bidang perparkiran. Chief Executive Officer (CEO), Alfabeta Taufiq Wibowo, menambahkan pihaknya telah memiliki kesamaan visi dengan Parkee dalam hal pengembangan ekosistem sistem perparkiran lewat membawa inovasi terbaru dalam sistem perparkiran di Indonesia.

Oleh sebab itu, latar belakang kerja sama ini pun terbentuk karena Alfabeta memiliki sejumlah teknologi yang siap mendukung Parkee. Misalnya, Automatic Number Plate Recognition (ANPR), lalu Vehicle Detection, Counting, and Tracking, sampai Object Detection, Counting, and Tracking.

BACA JUGA: Rilis 7 September, Ada 3 Hal Baru di iPhone 14 Pro dan Pro Max

"Kami melihat kebutuhan teknologi cukup besar di industri perparkiran. Dengan investasi ini, kami berharap Parkee dan Alfabeta bisa growth lagi, bahkan tidak hanya menjawab kebutuhan di tingkat lokal, bahkan dunia," ujar Taufiq.

Alfabeta merupakan partner resmi Intel® Market Ready Solution (Intel® IoT MRS) di Indonesia. Portofolionya mencakup banyak perusahaan besar, mulai dari Unilever, Korlantas Polri, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), sejumlah perusahaan dari industri pertambangan, dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penyelundupan Paket Ganja via Ekspedisi Berhasil Digagalkan, Ini Kronologinya

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement