Advertisement

Garuda UNY Kembali Berlaga dalam Ontrack-Shell Eco Marathon Asia 2022

Lugas Subarkah
Rabu, 12 Oktober 2022 - 18:27 WIB
Budi Cahyana
Garuda UNY Kembali Berlaga dalam Ontrack-Shell Eco Marathon Asia 2022 Garuda UG 22 berlaga dalam Ontrack-Shell Eco Marathon Asia 2022, di sirkuit Mandalika, Selasa (11/10/2022). - Istimewa/Humas UNY

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Shell tahun ini kembali menggelar Kompetisi Ontrack Shell Eco Marathon 2022 pada 11-15 Oktober di Sirkuit Mandalika, Lombok. Garuda UNY Team berpartisipasi dalam kompetisi internasional ini.

Sedikitnya 27 orang diberangkatkan dari basecamp Tim Garuda UNY melalui perjalanan darat dan laut. Perjalanan berlangsung selama kurang lebih 40 jam. Perjalanan panjang ini dimaksimalkan untuk mematangkan persiapan tim.

Advertisement

Manajer Garuda UNY, Kesit Bayu Purnomo, mengatakan hal tersebut berkaitan erat dengan target juara yang telah ditetapkan oleh Tim Garuda UNY. “Tidak ada kemenangan tanpa pengorbanan, maksimalkan segala kekuatan, insyaallah kami akan menjumpai kemenangan,” ujarnya beberapa waktu lalu.

"Tim telah melakukan persiapan selama enam bulan, mulai dari tahap brainstorming, riset kendaraan, manufaktur, dan latihan.”

Untuk sampai pada tahap ini, tim telah melalui berbagai fase, di antaranya registrasi, pengumpulan technical document dan kesiapan kendaraan serta pengiriman kendaraan. Segala elemen yang dimiliki telah dimaksimalkan untuk menunjang kesiapan tim.

Tim Garuda UNY tercatat telah menorehkan prestasi yakni Juara 2 Kategori Urban Gasoline dalam Kompetisi Shell Eco Marathon 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia. “Sayangnya, Kompetisi Ontrack Shell Eco Marathon sempat ditiadakan pada 2020 dan 2021,” katanya.

Dalam kompetisi ini, Garuda UNY menggunakan Garuda Urban Gasoline (UG) 22, yang merupakan mobil hemat energi dengan bahan bakar bensin. Penggunaan angka 22 menunjukkan tahun rilis mobil ini yaitu tahun 2022.

“Garuda UG-22 memiliki sejumlah keunggulan, seperti penggunaan carbon fiber sebagai bahan untuk membuat bodi sehingga menjadikan mobil ini ringan. Konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat,” katanya.

Mobil ini sebelumnya telah menorehkan angka 500km/L pada Kompetisi Mobil Hemat Energi 2021. Kini dengan berbagai pengembangan, mobil ini siap berlaga kembali dalam Kompetisi Ontrack-Shell Eco Marathon Asia 2022.

BACA JUGA: Tim Mobil Garuda UNY Juara Umum FESC

Ontrack Shell Eco Marathon dibagi berdasarkan region, yakni Amerika, Eropa, dan Asia Pasifik. Berdasarkan jenis kendaraan, Shell membagi kompetisi menjadi kategori urban concept dan prototype. Selama enam tahun perjalanan Shell Eco Marathon Asia, ini adalah kali pertama bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah.

Shell memilih Sirkuit Mandalika Lombok sebagai tempat berlangsungnya persaingan ketat tim-tim mobil hemat energi di seluruh Asia Pasifik. Bukan sembarang sirkuit, Sirkuit Mandalika sebelumnya telah menarik perhatian dunia karena menjadi tempat diselenggarakannya MotoGP 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement