Advertisement

Kapan Metaverse Bisa Optimal di Indonesia?

Rahmi Yati
Kamis, 20 Oktober 2022 - 06:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Kapan Metaverse Bisa Optimal di Indonesia? Ilustrasi Metaverse. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Digadang-gadang sebagai masa depan teknologi, rupanya proyek metaverse belum akan optimal dalam waktu dekat di Indonesia.

Country Director Meta Indonesia Peter Lydian mengatakan proyek metaverse baru akan optimal 5-10 tahun lagi di Indonesia.

Advertisement

Dia tidak menampik bila metaverse yang sempat hype secara global kini mulai kehilangan daya tariknya. Namun, sama halnya dengan teknologi komunikasi, tentunya teknologi teranyar ini juga butuh proses untuk dikenal luas oleh masyarakat.

“Teknologi untuk kebutuhan komunikasi terus berkembang, semula yang hanya bisa untuk mengetik, mengirim gambar, dan sekarang bisa menggunakan video. Dikarenakan ada pressure dan demand untuk membuat teknologi sosial baru, kami percaya internet akan berubah jadi metaverse, memang 5-10 tahun dari sekarang,” ujar Peter dikutip dari Bisnis.com, Kamis (20/10/2022).

Bukan itu saja, menurutnya semua negara termasuk Indonesia sedang berpacu untuk mengembangkan teknologi teranyar dalam proyek metaverse. Akan tetapi hal yang paling penting, teknologi ini tidak bisa dibangun sendiri dan perlu kolabori banyak pihak.

Lebih lanjut dia menjelaskan, ada tiga pendekatan yang dilakukan Meta dalam membangun meteverse di Indonesia. Pertama, terkait produk dengan menghadirkan NFT di Instagram yang bisa dimanfaatkan para kreator. Kedua, sambung dia, menjalin kemitraan dengan berbagai pihak mulai dari kementerian, industri, hingga akademisi.

"Ketiga, melahirkan kreator-kreator andal dalam memberikan sentuhan pertama ke dalam metaverse," ujarnya.

Untuk diketahui, istilah metaverse sendiri sempat jadi tren usai Mark Zuckerberg mengumumkan dirinya melakukan rebranding terhadap Facebook jadi Meta, demi mengalihkan fokusnya membangun metaverse.

Sementara itu dilansir dari The Wall Street Journal, Horizon Worlds milik Meta disebut-sebut gagal memenuhi ekspektasi kinerja internal. Bukannya ramai diakses, dunia virtual itu hanya memiliki kurang dari 200.000 pengguna.

Hal tersebut juga diperkuat oleh dokumen internal Meta yang menunjukkan sebagian besar pengguna tidak kembali ke Horizon Worlds setelah bulan pertama di platform itu. Jumlah pengguna bahkan terus menurun sejak musim semi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement