Advertisement

Asamulia, Web Profil dan Contoh Tes Masuk Perusahaan

Media Digital
Sabtu, 22 Oktober 2022 - 10:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Asamulia, Web Profil dan Contoh Tes Masuk Perusahaan Persentasi tentang Asamulia.com - Ist

Advertisement

PURWOKERTO-Dalam perkembangannya, mahasiswa setelah menempuh pendidikan akan memilih jalan baru yaitu melanjutkan studi, berbisnis atau mencari pekerjaan di PT sekitar.

Sebagai upaya membantu mahasiswa dalam mempermudah mengenal dunia kerja, maka dibuatlah sebuah web sistem informasi https://asamulia.com. Web ini mencakup informasi mengenai Profil perusahaan di Indonesia maupun Contoh Tes Seleksi masuk PT tersebut.

Advertisement

Spesifikasi WEB Asamulia.com

Web blog ini menggunakan CMS Wordpress dan dan memanfaatkan search Console untuk proses Index. Dalam pembuatannya menggunakan sedikit editing HTML pada thema dan inputan data yang dimasukan dalam bentuk Artikel. Diharapkan web ini mampu memberikan informasi mengenai PT di Indonesia dan sedikit membantu dalam memahami cara masuk ke perusahaan yang diinginkan.

Pengertian PT (Perseroan Terbatas)

Pengertian umum PT adalah suatu kesatuan atau badan hukum yang modalnya dihimpun dari berbagai saham, dan masing-masing pemilik memiliki bagian dari jumlah saham yang dimiliki oleh masing-masing penanam modal.

Beberapa ahli berpendapat bahwa pengertian PT adalah suatu bentuk badan usaha yang melakukan kegiatan permodalan atau perhimpunan saham dengan kemampuan untuk mengelola saham dengan baik, dimana para pemegang saham di dalamnya mempunyai tanggung jawab sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki.

Modal Perseroan Terbatas

Setiap badan usaha tentunya memiliki sumber permodalan untuk menjalankan setiap kegiatan operasionalnya. Untuk itu modal yang diperoleh perusahaan PT dibagi menjadi tiga bagian, yaitu modal dasar, modal ditempatkan dan modal disetor.

1. Modal Dasar

Modal dasar adalah modal suatu perusahaan PT yang ditentukan oleh seberapa besar perusahaan tersebut. Nantinya, modal ini akan menentukan skala perusahaan PT, apakah PT itu kecil, sedang atau besar

2. Modal Ditempatkan

Biasanya suatu badan usaha dibentuk dari beberapa pihak yang masing-masing akan menanamkan modalnya untuk mendirikan suatu perusahaan. Jadi, jenis modal ini akan mengacu pada jumlah modal yang diberikan oleh pemegang saham perusahaan.
Berdasarkan Pasal 33 UUPT, jumlah modal ditempatkan paling sedikit 25% dari modal dasar perseroan.

3. Modal Disetor

Modal ini merupakan sumber keuangan perusahaan PT yang disimpan oleh para pemegang saham. Jenis modal ini diklaim sebagai sumber dana yang sangat nyata.
Jumlah modal yang harus disetor oleh pemegang saham minimal 25% dari modal dasar. Artinya, jumlah modal disetor nantinya harus sama dengan modal yang ditempatkan oleh pemilik perusahaan.

Berikut ini adalah jenis-jenis PT:

1. Perseroan Terbatas Publik

Perseroan Terbatas Terbuka (TBK) atau sering disebut dengan PT yang telah go public atau Penawaran Umum Perdana (IPO) karena setoran modal di dalamnya terbuka untuk umum. PT jenis ini akan menjual sahamnya kepada masyarakat melalui pasar modal.

2. PT Tertutup

Berbeda dengan PT TBK, PT tertutup adalah jenis PT yang tidak melakukan kegiatan perdagangan sahamnya untuk masyarakat luas. Modal yang didapat dari PT jenis ini hanya bisa berasal dari kalangan tertentu saja, seperti dari teman, keluarga, saudara, dll.

3. PT kosong

PT Kosong adalah jenis PT yang telah memperoleh izin usaha dan izin lainnya, tetapi belum melakukan kegiatan apapun untuk kelangsungan hidup perusahaan.

Secara umum, ciri-ciri PT adalah sebagai berikut:
• RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham akan menentukan kekuasaan tertinggi PT.
• Pemegang saham akan mendapatkan keuntungan saham berupa deviden
• Direksi adalah pimpinan utama perusahaan PT
• Modal perusahaan PT diperoleh dari penjualan saham dan obligasi.

Demikian penjabaran mengenai kegunaan WEB Asamulia untuk proses mencari pekerjaan bagi Siswa maupun Mahasiwa yang ingin mencari pekerjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jamaika Resmi Mengakui Kedaulatan Palestina

News
| Kamis, 25 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement