Advertisement

TV Digital Tidak Muncul Gambar? Ketahui Sejumlah Penyebabnya

JIBI
Jum'at, 11 November 2022 - 07:57 WIB
Lajeng Padmaratri
TV Digital Tidak Muncul Gambar? Ketahui Sejumlah Penyebabnya Ilustrasi. - JIBI/Solopos.com

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO–-Meski format siaran TV saat ini sudah mulai beralih ke digital kadang masih muncul gangguan sinyal sehingga tidak ada gambar. Ada sejumlah penyebab hal ini terjadi.

Mungkin Anda mengalami  televisi sudah menyala, tapi ada beberapa channel tidak bisa dibuka dan yang muncul di layar adalah tulisan “tidak ada sinyal”. Tentu hal ini bikin bertanya-tanya.

Advertisement

Keluhan tidak ada sinyal itu dialami oleh banyak orang. Jadi, Anda tak perlu khawatir bila pernah mengalaminya.

Walaupun pada praktiknya sudah menggunakan set top box (STB) untuk menangkap sinyal, gangguan sinyal yang membuat TV tidak bisa menangkap siaran digital tetap bisa terjadi.

Berikut ini sejumlah penyebab TV digital tidak ada gambar menurut aquajapanid.com yang dikutip dari Solopos.com, Jumat (11/11/2022).

1. Posisi antena tidak mampu menjangkau sinyal

Perlu diketahui, penggunaan TV digital tetap menggunakan antena. Posisi antena juga bisa menentukan kuat atau lemahnya jangkauan sinyal. Jika posisi atau arah antena belum tepat, maka sinyal yang ditangkap pun tidak kuat.

2. Kualitas antena kurang mendukung

Kalau antena yang Anda gunakan sudah lama atau usang, kemampuannya menangkap sinyal bisa jadi lemah. Begitu pula dengan antena yang berukuran kecil atau antena dalam.

3. Ada masalah pada jack

Penyebab berikutnya mengapa TV digital tidak ada gambar adalah bisa jadi dari jack. Jack adalah penghubung antara antena dengan STB. Jika rusak—entah karena kotor, berkarat, atau penyok—jack tidak bisa menempel sempurna. Akibatnya, sinyal yang dikirimkan ke STB atau TV digital tidak maksimal sehingga tidak bisa memunculkan gambar di TV.

Selain disebabkan oleh perangkat pendukung yang tidak maksimal, ada lagi penyebab TV tidak bisa menangkap siaran sehingga tidak muncul gambar di layar. Gangguan sinyal TV digital bisa juga terjadi karena suatu wilayah belum termasuk ke dalam daerah yang sudah mulai migrasi ke siaran TV digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement