Advertisement

Ini Daftar Channel Lokal Yang Bisa Ditangkap STB di Jogja

Media Digital
Rabu, 21 Desember 2022 - 22:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Ini Daftar Channel Lokal Yang Bisa Ditangkap STB di Jogja Ilustrasi Perangkat set top box yang sudah mendapat sertifikat dari Kominfo dan tercatat antara lain Akari Set Top Box ADS-2230. - Kompub ASO - Wienda Parwitasari

Advertisement

JOGJA—Warga Jogja saat ini telah menerapkan pemberhentian televisi analog dan beralih ke siaran TV digital. Kini mereka bisa merasakan berbagai tayangan informatif dan hiburan baru dengan adanya migrasi tersebut.

Berikut ini adalah daftar channel lokal yang bisa ditangkap oleh Set Top Box Jogja beserta cara mencarinya.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

25 UHF (506 MHz) - Surya Citra Media

Channel pada frekuensi ini meliputi SCTV, Indosiar, O Channel serta Mentari TV. Channel seperti SCTV dan Indosiar sangat digemari warga Jogja khususnya bagi mereka penggemar film sinetron atau drama lainnya. Untuk itu diperlukan STB agar bisa mengikuti setiap acaranya.

27 UHF (522 MHz) - Media Group News

Channel ini sering menayangkan seputar berita nasional, internasional, ekonomi, olahraga, hiburan serta gaya hidup.

Metro TV, Magna Channel serta BNTV termasuk pada frekuensi saluran ini. Bagi warga Jogja yang tidak ingin ketinggalan info tentang berita bisnis, segera menggunakan STB dengan frekuensi tersebut.

29 UHF (538 MHz) - TVRI Yogyakarta

Stasiun ini merupakan stasiun televisi lokal pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1965 bertempat di Jalan Magelang Sleman. Khusus warga Jogja, bisa menikmati berbagai macam channel dari TVRI dengan menggunakan STB mulai dari TVRI Yogyakarta, TVRI Nasional, TVRI jawa Tengah, TVRI Kanal 3 serta TVRI Sport HD.

35 UHF (586 MHz) - Visi Media Asia

Visi Media Asia atau yang sering disebut VIVA group merupakan sebuah perusahaan induk media massa yang berkantor pusat di Jakarta. Channel seperti TV One dan ANTV berada di bawah perusahaan ini yang juga bagian dari Bakrie Group.

Warga Jogja tetap bisa menyaksikan tayangan film India pada channel ANTV dengan menggunakan bantuan STB. Kualitas gambarnya kini lebih jernih dibandingkan dengan saat analog.

41 UHF (634 MHz) - MNC Media

MNC Media merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang media yang identik dengan nama Hary Tanoe sebagai pemiliknya. Channel seperti RCTI, GTV , MNCTV dan iNews berada dibawah naungan perusahaan ini.

Channel tersebut menyuguhkan hiburan menarik bagi warga Jogja sehingga penjualan STB pun meningkat di wilayah Jogja agar tetap dapat menyaksikan acara pada channel tersebut.

47 UHF (682 MHz) - Trans Media

Trans Media didirikan sebagai penghubung antara stasiun televisi Trans TV dengan stasiun televisi yang dulunya bernama TV7. Kepemilikan saham TV7 diambil alih oleh CT Corp sehingga namanya kini menjadi Trans7. Trans Media membawahi beberapa channel seperti Trans TV, Trans 7 serta CNN

Cara Mencari Siaran TV Digital di Jogja

Bagi yang ingin mencari siaran TV digital Jogja, bisa menggunakan frekuensi di atas dengan cara memindainya menggunakan STB. Cara mencarinya sangat mudah cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Siapkan perangkat Set Top Box yang telah tersertifikasi Kominfo.

2. Pastikan antena UHF terpasang pada STB dengan posisi yang tepat.

3. Sambungkan kabel HDMI dari port di STB ke TV analog. Jika TV belum mendukung sambungan HDMI, bisa juga disambungkan dengan kabel AV yang biasanya memiliki tiga ujung konektor berwarna merah, kuning, dan putih.

4. Nyalakan STB dan TV pilih mode tampilan AV.

5. Setelah menu STB muncul, pilih opsi pencarian saluran. Tunggu sekitar 2-3 menit lalu Anda bisa menikmati siaran digital di TV analog.

Siaran digital mampu membantu warga Jogja untuk mendapatkan siaran televisi yang sebelumnya hanya bisa diakses melalui parabola atau langganan berbayar. Saat ini masyarakat sudah bisa menikmati layanan TV digital selama 24 jam cukup dengan menambahkan perangkat yang bernama Set Top Box atau STB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banyak Kantor dan Ruko Kosong Dijual di Jakarta

News
| Minggu, 29 Januari 2023, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement