Advertisement

Aplikasi Alternatif Twitter Banjir Pengguna

Khadijah Shahnaz Fitra
Kamis, 22 Desember 2022 - 01:27 WIB
Jumali
Aplikasi Alternatif Twitter Banjir Pengguna Twitter. - Wiki

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAMastodon, platform media sosial yang kerap digunakan sebagai alternatif Twitter mencatatkan peningkatan pengguna sejak media sosial burung biru diakuisisi Elon Musk.

BACA JUGA: Twitter Bakal Hapus Akun yang Promosikan Media Sosial Lainnya

Advertisement

BACA JUGA:  Simak! Ini Barang Paling Laris saat Ramadan-Lebaran versi Tokopedia

Dilansir dari TheVerge, Rabu (21/12/2022) Mastodon mencatatkan pengguna aktif meroket dari sekitar 300.000 pengguna aktif bulanan menjadi 2,5 juta antara Oktober dan November. Hal ini diungkapkan CEO dan Founder Mastodon Eugen Rochko dalam postingan blog.

Sebagai informasi, Elon Musk secara resmi mengambil alih Twitter pada akhir Oktober, yang berarti lonjakan besar pengguna Mastodon hampir secara langsung mengikuti kepemilikan baru Musk.

Posting Rochko juga membahas larangan Twitter yang sekarang dibatalkan untuk berbagi tautan ke Mastodon, banyak jurnalis, dan akun @joinmastodon itu sendiri menyusul larangan yang masih ada di @ElonJet.

“Ini adalah pengingat yang jelas bahwa platform terpusat dapat memaksakan batasan yang sewenang-wenang dan tidak adil pada apa yang dapat dan tidak dapat Anda katakan sambil menyandera grafik sosial Anda. Di Mastodon, kami percaya bahwa tidak harus ada perantara antara Anda dan audiens Anda dan bahwa jurnalis dan lembaga pemerintah khususnya tidak harus bergantung pada platform swasta untuk menjangkau publik.” kata Rochko.

Adapun, Mastodon saat ini bukan satu-satunya pengganti Twitter yang digunakan orang. Masih ada Theres Post yang dipimpin oleh mantan CEO Waze Noam Bardin, ada juga Hive, yang baru-baru ini diluncurkan kembali setelah berurusan dengan beberapa masalah keamanan, dan platform sosial yang sudah dikenal seperti Discord, Tumblr, dan Reddit.

Meskipun adanya peningkatan di Mastodon, Twitter sampai saat ini masih menunjukan eksistensinya, terlihat dari17,5 juta orang memberikan suara dalam jajak pendapat Musk baru-baru ini menanyakan apakah dia harus mundur sebagai CEO Twitter.

Musk juga berulang kali mengklaim bahwa penggunaan situs tersebut berada pada titik tertinggi sepanjang masa. Adapun, Rocko terlihat percaya diri dengan masa depan Mastodon.

“Memahami bahwa kebebasan pers sangat penting untuk demokrasi yang fungsional, kami senang melihat Mastodon tumbuh dan menjadi nama rumah tangga di ruang redaksi di seluruh dunia, dan kami berkomitmen untuk terus meningkatkan perangkat lunak kami untuk menghadapi tantangan baru yang datang dengan pertumbuhan yang cepat dan permintaan yang meningkat, ”tulisnya.

BACA JUGA:  Kementerian BUMN Bersama Telkom Bagikan 1000 Paket Sembako Murah di Batulicin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

80 Kota dan Desa di Ukraina Berpotensi Banjir Akibat Bendungan PLTA Meledak

News
| Selasa, 06 Juni 2023, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Pengin Nikmati Air Terjun Swiss dan Kebun Tulip ala Belanda, Objek Wisata Ini Cocok untuk Anda

Wisata
| Senin, 05 Juni 2023, 17:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement