Advertisement

Ini Cara Aman Bersihkan Layar LED Televisi

Astrid Prihatini WD
Kamis, 19 Januari 2023 - 05:37 WIB
Jumali
Ini Cara Aman Bersihkan Layar LED Televisi Pengelola Bakpia Soemadigdo, Aryanto (kiri) memberikan hadiah berupa televisi LED, kepada salah satu penyedia jasa rental mobil Yoga Agustian Nugroho di warung makan Ulam Tirta, Jogja, Minggu (1/7) malam. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Layar LED televisi atau TV kamu di rumah pengin tetap awet dan bersih, sebaiknya ketahui cara membersihkan yang aman dan benar. Simak ulasannya di tips teknologi kali ini.

BACA JUGA: Pemilu 2024 Diprediksi Picu Penjualan LED Televisi

Advertisement

Televisi merupakan salah satu barang elektronik yang banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Bisa dipastikan, setiap rumah memiliki minimal satu unit televisi keluarga. Melalui televisi, kamu dapat menerima informasi, mendapat hiburan, juga beragam berita yang bersifat edukatif.

Lalu, apa jadinya jika televisi di rumah tidak bisa menampilkan gambar dengan maksimal akibat perawatan layar yang kurang hati-hati. Pasti akan mengurangi ketajaman gambar dan kurang apik untuk dilihat.

Berikut 5 cara aman membersihkan layar LED televisi agar tetap terawat dengan baik seperti dikutip dari aquajapan.id pada Rabu (18/1/2023):

1. Matikan Televisi

Sebelum membersihkan layar televisi, pastikan sudah mematikan TV dengan mencabut kabel dari colokan listrik, dan diamkan sampai televisi dingin. Hal tersebut penting dilakukan untuk mengurangi resiko kerusakan elektronik karena dibasuh air dalam kondisi masih panas. Selain itu, dengan kondisi layar televisi mati (gelap) akan lebih memudahkan kamu untuk melihat kotoran yang menempel, sehingga kotoran akan lebih jelas terlihat dan mudah untuk dibersihkan.

2. Bersihkan Debu

Untuk membersihkan debu dan kotoran di layar LED televisi, pakai cara jangan menyentuh layar televisi dengan tangan. Kamu dapat meniup debu yang menempel atau membersihkannya dengan blower bukan dengan hair dryer.

3. Gunakan Cairan Screen Clean

Cairan Screen clean adalah cairan pembersih layar monitor. Untuk membersihkan layar TV, kamu dapat menggunakan lap bersih atau kanebo. Celupkan lap bersih atau kanebo ke air bersih, lalu peras sampai kering. Kemudian semprotkan cairan screen clean ke bagian permukaan layar TV.
Beriklan Dengan Kami

Pastikan mengusap dengan satu arah arah dan jangan bolak-balik atau berputar, karena akan merusak dan menggores layar TV. Setelah selesai, lakukan pengelapan kembali dengan lap yang kering dan bersih untuk memaksimalkan kebersihannya.

4. Bersihkan dengan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih memang memiliki banyak manfaat. Salah satunya dapat membantu membersihkan layar TV. Caranya pun sangat mudah, gunakan kain lap dan jangan menekannya terlalu keras, lakukan dengan yang lembut untuk membersihkannya dengan tetesan air minyak kayu putih terlebih dahulu. Usapkan secara perlahan agar tidak merusak layar TV. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu dapat mengelap kembali layar TV dengan microfiber setengah basah kemudian diusap dengan microfiber kering.

5. Gunakan Kain yang Lembut

Hal terakhir dalam membersihkan layar LED televisi adalah dengan pakai cara memakai bahan kain yang lembut. Sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan kain lap yang berbahan kasar seperti kain handuk. Karena dapat merusak permukaan layar LED TV kamu. Sebaiknya kamu menggunakan tisu atau microfiber berbahan halus yang kering setelah menggunakan cairan seperti minyak kayu putih atau screen clean.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

WhatsApp Bocor, Israel Dikabarkan Gunakan Data untuk Serang Rumah Warga Palestina

News
| Rabu, 24 April 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement