Advertisement

Cara Mengendarai Mobil Listrik yang Benar dan Aman

Jumali
Sabtu, 21 Januari 2023 - 21:27 WIB
Jumali
Cara Mengendarai Mobil Listrik yang Benar dan Aman Proses pengisian energi mobil listrik saat peluncuran Green Energy Station (GES) Pertamina di Jakarta, Senin (10/12/2018). - Antara/Akbar Nugroho Gumay

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah pabrikan mobil telah merilis mobil listrik. Bahkan, saat ini sudah banyak mobil listrik yang lalu lalang di jalanan.

BACA JUGA: Mobil Listrik Daihatsu Ayla EV Tak Akan Meluncur Tahun Ini

Advertisement

Di sisi lain, saat ini banyak masyarakat yang kurang paham mengenai cara mengendarai mobil listrik yang benar. Bahkan, ada pertanyaan di masyarakat, Apakah cara mengendarai mobil listrik berbeda dengan mobil non listrik?

Berikut tips mengendarai mobil listrik yang dikutip dari Wuling:

1. Tekan Tombol Start-Stop untuk Menyalakan Mesin

Sama seperti mobil lainnya, sebelum berkendara, Anda perlu menyalakan mesin terlebih dahulu. Pada mobil listrik, tekan tombol start-stop untuk menyalakan mesin. Jangan lupa untuk menekan pedal rem saat menekan tombol tersebut.

Saat tombol ditekan, layar digital pada dashboard akan menyala. Ini artinya, mobil siap untuk dijalankan. Jadi pertanda mobil sudah menyala ada pada layar digital, karena mobil listrik tidak bergetar maupun mengeluarkan suara ketika dinyalakan mesinnya.

2. Ketahui Tuas Transmisi

Sebelum menyetir mobil listrik, Anda juga perlu tahu fungsi dari tuas transmisi. Masing-masing tuas transmisi memiliki tanda yang fungsinya berbeda-beda. Tuas bertanda “P” digunakan untuk parkir, “N” untuk netral, “R” untuk mundur, dan “D” untuk memindahkan gigi.

3. Lepas Rem Tangan

Setelah menyalakan mesin mobil dan tahu fungsi dari masing-masing tuas transmisi, selanjutnya Anda perlu melepaskan rem tangan agar mobil bisa melaju. Caranya adalah dengan menurunkan tuas rem tangan atau menekan tombol rem parkir elektrik. Saat melakukan ini, Anda tetap harus menginjak pedal rem karena jika tidak, mobil akan bergerak.

4. Pindahkan Tuas Transmisi ke Posisi D

Setelah rem tangan dilepas, Anda kini siap untuk melaju dan berkendara. Nah, untuk dapat melaju, pindahkan tuas transmisi ke posisi D, atau tekan tombol D. Setelah itu, injak pedal gas perlahan supaya mobil dapat bergerak dan melaju. Namun ingat, Anda perlu menyelaraskan gas dan rem saat mengemudi agar kendaraan bisa dikendalikan.

5. Hati-hati Saat Menginjak Gas

Ingat, mobil listrik berbeda dengan mobil manual. Mobil listrik memiliki akselerasi yang instan sehingga dapat berjalan sangat kencang hanya dalam satu tarikan gas. Untuk itulah, Anda sebagai pengemudi wajib berhati-hati saat menginjak pedal gas. Tidak perlu menginjak gas terlalu dalam, pelan-pelan saja agar perjalanan Anda lebih aman dan nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Ingin Membangun Koalisi Kuat

News
| Rabu, 24 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement