Advertisement

Daftar Rekomendasi Mobil Irit Bensin di Indonesia

Media Digital
Senin, 30 Januari 2023 - 21:27 WIB
Budi Cahyana
Daftar Rekomendasi Mobil Irit Bensin di Indonesia Ilustrasi pengisian bahan bakar - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Jumlah  mobil yang beredar di Indonesia dan dijual di pasaran ada banyak. Setiap mobil memiliki keunggulannya masing-masing. 

Namun dari setiap keunggulan yang ada, yang paling banyak dicari oleh konsumen adalah mobil yang irit bensin. Apalagi ketika setiap beberapa tahun harga bbm di indonesia selalu mengalami kenaikan.

Advertisement

Tidak heran kalau setiap sales mobil pasti selalu diberi pertanyaan, apakah mobil ini termasuk irit bensin? Lantas apa saja sih daftar mobil yang hemat BBM? 

List berikut ini akan membahas beberapa rekomendasi mobil irit bensin di Indonesia. Karena dengan mengendarai kendaraan yang irit bahan bakar membuat konsumen bisa berhemat 18% hingga 25% dari total pengeluaran.

Daftar Mobil Irit Bensin

Setiap merk memiliki batas jarak pemakaian bensin setiap kilometer. Pasalnya, faktor yang membuat bensin irit bukan hanya mesinnya saja, tetapi  juga pengendaranya. 

Selama mobil tersebut dikendarai dengan normal dan wajar, kendaraan tersebut akan menggunakan bahan bakar sesuai dengan standar yang ada. 

Tapi, berapa sih standar masing-masing kendaraan tersebut? Simak deh penjelasan lengkap rekomendasi mobil irit bensin berikut ini:

1. All New Suzuki Swift

Juara pertama di kategori mobil paling irit bensin ditempati oleh All New Suzuki Swift. Menurut sebagian besar orang, kendaraan ini sangat irit dengan rata-rata konsumsi BBM yang dihabiskan adalah 20 Km/Lt. 

Mobil ini sendiri dibanderol dengan harga pada kisaran di bawah Rp.250 jt. Bodinya sendiri kecil dan imut, namun tetap gesin di jalanan. Memiliki mesin yang gagah dan tangguh, All New Suzuki Swift sangat nyaman ketika dikendarai.

2. Honda Brio

Kendaraan selanjutnya yang patut diperhitungkan adalah Honda Brio. Hadir dengan Mesin 4 Silinder, berkapasitas 1.339cc, mobil ini mampu mencapai 100 HP di tenaga maksimum. 

Sempat mendapat julukan kecil-kecil cabe rawit dengan model sporty dan tampak elegan, ternyata mobil ini hanya mengkonsumsi BBM 19,62 Km/Lt ketika digunakan di luar kota. Sedangkan di dalam kota, diperkirakan konsumsi bahan bakarnya sekitar 14,4 Km/Lt.

Sangat irit, bukan? 

3. Daihatsu Sirion

Sebagian orang mungkin tidak suka dengan tampilan yang dimiliki oleh Daihatsu Sirion. Namun jangan salah, kendaraan ini ternyata masuk ke dalam daftar rekomendasi mobil irit bensin yang ada di Indonesia. 

Mobil ini sendiri sangat cocok untuk anak muda yang suka jalan-jalan, baik itu di dalam kota maupun di luar kota. Daihatsu Sirion sangat pas di segala kondisi.

Untuk penggunaan bahan bakar, Daihatsu Sirion termasuk yang paling irit karena hanya menghabiskan 18,2 Km/Lt saja untuk pemakaian luar kota. Sedangkan bila digunakan di dalam kota, konsumsi BBM oleh mobil ini mencapai 12 Km/Lt. 

4. Suzuki Ertiga

Bila bertanya soal keunggulan yang dimiliki, maka mobil Suzuki Ertiga lebih unggul di kenyamanan sama kualitas interior. Saat mengendarai mobil ini, kamu akan merasa seolah sedang mengendarai kendaraan mahal. 

Makanya tidak heran kalau Ertiga menjadi salah satu rekomendasi mobil irit bensin. Secara konsumsi bahan bakar bbm, Suzuki Ertiga menghabiskan sekitar rata-rata 16,3Km/Lt.

5. Toyota Avanza Veloz

Rekomendasi terakhir dari mobil irit bensin adalah Toyota Avanza Veloz. Kendaraan bernama Avanza ini merupakan mobil yang sudah sangat umum dikenal oleh masyarakat. 

Bahkan disebut-sebut sebagai mobil rakyat. Mobil Avanza ini memiliki tipe terbaru yang dinamakan dengan Veloz dengan tampilan lebih fresh. Terlihat gagah, mewah, serta lebih modern. 

Untuk konsumsi BBM, mobil ini sendiri termasuk cukup irit, karena perkiraan bahan bakar yang digunakan adalah 12,13 Km/Lt untuk luar kota dan 7,87 Km/Lt saat dipakai di dalam kota. 

Nah, itulah dia beberapa rekomendasi mobil yang irit bensin di Indonesia. Selain mesin yang irit, hal lain yang membuat konsumsi bahan bakar menjadi rendah adalah gaya mengemudi setiap pengendara.

Jadi, berkendaralah sesuai standar yang sudah ditetapkan.  (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Letusan Gunung Ruang Berisiko Tsunami, Begini Kronologi Erupsinya

News
| Kamis, 18 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement