Advertisement

Berencana Mudik Lebaran Naik Mobil? Simak Persiapan Wajibnya Berikut Ini...

Media Digital
Kamis, 09 Februari 2023 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Berencana Mudik Lebaran Naik Mobil? Simak Persiapan Wajibnya Berikut Ini... Ilustrasi. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Tak terasa sebentar lagi kita akan memasuki Hari Raya Idul Fitri pada 22-23 April 2023. Buat kamu yang berencana mudik menggunakan kendaraan roda empat, tentu saja ada beberapa persiapan perjalanan jauh naik mobil yang penting untuk dilakukan.

Mulai dari melakukan pengecekan di bengkel, hingga memastikan rute perjalanan secara online. Berbagai persiapan perjalanan jauh naik mobil itu penting dilakukan agar kamu dapat meminimalisir risiko yang tidak diinginkan, dan berkendara dengan aman serta nyaman.

Advertisement

Sebelum mengetahui apa saja tipsnya, sebaiknya pahami ada hal yang tak kalah penting dilakukan, yaitu melengkapi mobil dengan asuransi kendaraan. Seperti dirilis dari https://po1network.com/proteksi-mobil-5-manfaat-asuransi-mobil/?ap_id=01006146, ada banyak manfaat memiliki asuransi mobil.

Setelah mengetahui apa manfaat asuransi mobil, berikut ini berbagai tips persiapan perjalanan jauh naik mobil yang bisa kamu lakukan:

1. Cek Komponen Mobil di Bengkel

Salah satu persiapan perjalanan jauh naik mobil yang paling penting dilakukan adalah melakukan pengecekan pada komponen mobil di bengkel.

Bagian mobil pertama yang perlu diperiksa yaitu:

  • Filter: fungsinya untuk memastikan debu tidak masuk ke mesin. Cek mulai dari filter oli, filter udara, filter bensin, dan filter AC.
  • Wiper: fungsinya untuk memastikan pandangan pengemudi tidak terganggu khususnya ketika hujan. Cek apakah filter berfungsi dengan baik.
  • Oli: fungsinya untuk memastikan performa mesin tetap prima selama melakukan perjalanan.
  • Pelumas Mesin: jika mobilmu belum perlu melakukan penggantian oli, maka cek volume pelumas mesin melalui dipstick dan pastikan pelumas cukup sebelum melakukan perjalanan jauh
  • Aki: fungsinya untuk menyimpan dan memberikan daya listrik untuk komponen mobil lainnya. Jika aki bermasalah, mobil biasanya akan mengalami mogok.
  • Lampu: fungsinya untuk menjaga jarak pandang pengemudi khususnya di malam hari atau saat sedang hujan.
  • Ban: sebaiknya ganti setiap 3 tahun sekali. Jika kondisi bagian tapak ban telah melewati batas tread wear indicator, sebaiknya segera diganti ya.
  • Rem: cek sistem dan minyak rem sebelum melakukan perjalanan jauh naik mobil. Fungsinya untuk menghindari risiko rem blom.
  • Cairan Radiator: fungsinya memastikan mesin tidak mengalami overheat. Pastikan tangki reservoir terisi air radiator.

2. Cek Rute Perjalanan

Sebaiknya cek juga rute perjalanan secara online. Ini dikarenakan biasanya ada beberapa rute perjalanan yang ditutup atau dialihkan ketika hari raya besar.

Untuk menghindari terjebak macet saat melakukan perjalanan jauh, cek terlebih dahulu rute yang akan kamu lalui nantinya.

3. Pastikan Kondisi Tubuh Sehat

Ketika melakukan perjalanan jauh, pastikan kondisi tubuh kamu fit. Pasalnya, perjalanan yang ditempuh akan memakan waktu yang tidak sebentar dan mungkin saja akan menghabiskan waktu berjam-jam karena macet.

Karena itu, sangat penting untuk memastikan kesehatan tubuh tetap fit agar dapat fokus berkendara. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kondisi tubuh sehat sebelum mudik.

Salah satunya, perbanyak konsumsi buah, sayur, dan protein beberapa minggu sebelum perjalanan. Selain itu, tingkatkan stamina dengan rutin olahraga dan tidur cukup.

4. Persiapkan Barang Penting

Siapkan mulai dari pakaian, makanan, minuman, hingga obat-obatan yang diperlukan. Pastikan mempersiapkan obat-obatan penting, khususnya jika kamu memiliki riwayat penyakit bawaan.

Tak hanya itu saja, penting juga untuk kamu menyiapkan makanan ringan hingga berat. Jadi, jika terjebak macet, kamu dan keluarga bisa tetap mengisi perut.

5. Berhenti di Tempat Peristirahatan

Berkendara selama berjam-jam bisa membuat badan terasa kaku dan mengantuk.

Jika memungkinkan, sebaiknya jangan dipaksakan dan memanfaatkan tempat peristirahatan untuk sekadar meregangkan tubuh atau mengisi perut. Dengan begitu, kamu bisa senantiasa berkendara dengan aman dan nyaman.

6. Lindungi Kendaraan dengan Asuransi

Tips persiapan perjalanan jauh naik mobil lainnya yang nggak kalah penting adalah dengan memiliki asuransi mobil.

Hal ini dikarenakan ketika berkendara jauh, risiko mobil mengalami kerusakan seperti lecet, penyok, hingga mogok juga akan lebih tinggi. Mengingat volume kendaraan yang melakukan mudik juga lebih tinggi dari biasanya.

Karena itu, untuk menghindari risiko finansial perbaikan mobil di bengkel, sebaiknya proteksikan kendaraan dengan asuransi. Saat ini ada banyak broker asuransi mobil yang bisa kamu cek secara online, salah satunya di Lifepal.co.id.

Di marketplace asuransi terlengkap dan terpercaya ini, kamu bisa bandingkan 25+ perusahaan asuransi terbaik dengan premi termurah!

 

Itu tadi beberapa tips persiapan perjalanan jauh naik mobil yang bisa kamu pertimbangkan. Semoga informasi di atas membantu, ya! (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bus dengan Puluhan Penumpang Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto, Begini Kronologinya

News
| Rabu, 17 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement