Advertisement

Ingin Mobil MPV Anda Irit Bahan Bakar? Ini Caranya

Jumali
Jum'at, 17 Februari 2023 - 08:37 WIB
Jumali
Ingin Mobil MPV Anda Irit Bahan Bakar? Ini Caranya Daihatsu kembali memperkenalkan varian MPV terbarunya Grand New Xenia kepada masyarakat. - Bisnis Indonesia/Arief Rahman

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAMobil MPV (Multi Purpose Vehicle) merupakan pilihan populer bagi keluarga yang menginginkan kendaraan yang nyaman dan fleksibel. Memiliki mobil MPV irit bbm, tentunya jadi idaman banyak orang.

BACA JUGA: Daftar Mobil yang Irit BBM

Advertisement

Namun, dengan banyaknya jarak yang ditempuh setiap hari, terlebih jika Anda sering membawa penumpang banyak dengan mobil MPV, tentunya perlu ekstra perawatan agar untuk bisa menjadikan kendaraan Anda jadi mobil MPV irit bbm. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar pada mobil MPV dikutip dari Suzuki:

Perawatan Rutin

Melakukan perawatan rutin pada mobil merupakan salah satu cara untuk menjadikan mobil MPV irit BBM. Hal ini termasuk melakukan perawatan rutin seperti ganti oli, filter udara, cek tekanan ban yang sesuai dan banyak lagi. Dengan perawatan rutin, Anda dapat mengetahui adanya masalah sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah, sehingga menghemat biaya perbaikan. Selain itu, melakukan servis rutin juga akan membantu menjaga kualitas dan kinerja mobil Anda, sehingga Anda dapat merasakan perjalanan yang lebih nyaman dan aman. Yang terpenting juga, dengan kondisi mobil yang prima maka efisiensi bahan bakar akan semakin meningkat. Sehingga kendaraan Anda bisa jadi mobil MPV irit BBM.

Menjaga Kecepatan Konstan

Cara ini bisa Anda gunakan untuk menjadikan mobil MPV irit BBM. Sebab dengan menjaga kecepatan konstan, Anda bisa membuat kinerja mesin lebih stabil serta transmisi dan perputaran mesin lebih optimal. Selain itu, dengan menjaga kecepatan konstan suhu mesin juga jadi lebih stabil.

Atur Pengereman

Mengatur pengereman dengan baik dapat mengoptimalkan efisiensi pengereman dan mengurangi konsumsi bahan bakar yang digunakan untuk mengerem. Hindari melakukan pengereman yang mendadak atau dengan cara yang kasar untuk membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil MPV Anda.

Perhatikan Beban Muatan

Mobil MPV memang identik dengan mobil yang bisa serbaguna baik mengangkut banyak penumpang hingga barang bawaan. Untuk menjaga agar mobil MPV irit BBM, Anda bisa memperhatikan beban muatan setiap Anda berkendara. Hindari membawa penumpang berlebih atau barang bawaan yang terlalu banyak. Sebab, mobil yang membawa beban tambahan harus bekerja lebih keras untuk menggerakkan beban tambahan tersebut, sehingga konsumsi bahan bakar jadi boros. Menjaga berat mobil tetap ringan dengan tidak membawa barang yang tidak diperlukan akan membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Optimalkan Fuel Pump

Fuel pump atau pompa bahan bakar bertugas untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki ke sistem pembakaran mesin mobil. Salah satu cara untuk mengoptimalkan fungsi fuel pump agar mobil lebih hemat bahan bakar adalah dengan menjaga kondisi fuel pump yang baik dan memastikan bahwa tekanan bahan bakar yang dikeluarkan sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh pabrik. Selain itu, menjaga kondisi mesin yang baik, melakukan perawatan rutin, dan menjaga tekanan angin dalam ban juga dapat membantu dalam mengoptimalkan fungsi fuel pump.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement