Advertisement

Toyota Klaim Punya Alat untuk Menavigasi Subsidi Mobil Listrik

Rizqy Rajendra
Sabtu, 25 Februari 2023 - 07:17 WIB
Jumali
Toyota Klaim Punya Alat untuk Menavigasi Subsidi Mobil Listrik Toyota bZ4X / Toyota

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Produsen otomotif asal Jepang, Toyota Motor Corp kini memiliki alat untuk membantu pembeli dalam menavigasi atau memetakan skema besaran subsidi mobil listrik dari pemerintah. Alat tersebut bernama Toyota Incentive Finder yang dikembangkan bersama perusahaan teknologi EV Life.

BACA JUGA: Besok, Toyota Resmi Luncurkan bZX4

Advertisement

Sebelum membeli mobil listrik, para konsumen biasanya mempertimbangkan berapa besaran subsidi yang akan diterima, baik untuk model battery electric vehicle (BEV), hybrid electric vehicle (HEV), maupun plug-in hybrid electric vehicle (PHEV).

"Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan EV Life untuk menawarkan kepada pelanggan Toyota alat sederhana untuk menavigasi proses menemukan insentif yang tersedia untuk pembelian Toyota BEV atau PHEV baru," ujar Manajer Pemasaran Umum Toyota Michael Moore dikutip dari laman resmi Toyota, Jumat (24/2/2023).

Fitur pencari subsidi itu akan tersedia di komputer, perangkat pintar, atau di dealer Toyota, dan akan memilah lebih dari 470 kredit pajak, potongan harga, dan lebih banyak lagi yang tersedia untuk pembeli mobil listrik di pasar Amerika.

Pasalnya, Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) tengah menggodok aturan insentif pajak baru untuk pembelian mobil listrik yang lebih kompleks berdasarkan aturan Undang-Undang Pengurangan Inflasi (Inflation Reduction Act/IRA).

Misalnya, untuk mendapatkan insentif pajak mobil listrik, undang-undang tersebut mensyaratkan mineral dan suku cadang baterai harus berasal dari Amerika Utara atau negara dengan perjanjian perdagangan bebas dengan AS. Rencananya, aturan tersebut akan mulai diimplementasikan pada Maret 2023.

Oleh sebab itu, Toyota Incentive Finder dianggap sebagai solusi bagi warga Amerika untuk mengetahui besaran subsidi yang akan diterima. Alat tersebut dapat dengan cepat memberikan opsi yang tersedia, menawarkan insentif pra-pembelian dan pasca-pembelian potensial dengan menguraikan mana yang mungkin berlaku untuk pelanggan.

Cara kerjanya, pelanggan tinggal memasukkan data spesifik seperti lokasi mereka, ukuran dan pendapatan rumah tangga, detail pengajuan pajak, utilitas listrik, dan lainnya ke situs Toyota Incentive Finder. Dalam hitungan detik, alat tersebut menghasilkan penawaran untuk paket insentif potensial, berdasarkan 20 titik data dari EV Life pada setiap kode pos di negara tersebut.

Pembeli dapat mengakses Toyota EV Incentive Finder dengan mengunjungi halaman web untuk kendaraan listrik baterai (BEV) bZ4X, serta halaman masing-masing untuk kendaraan listrik hibrida plug-in Toyota (PHEV) termasuk Prius Prime dan RAV4 Prime.

Selain memberikan penawaran insentif, alat tersebut juga menyertakan informasi tambahan dari EV Life yang menyoroti manfaat beralih dari kendaraan berbahan bakar gas ke kendaraan listrik, mencakup perincian seperti penghematan tahunan rata-rata untuk biaya bahan bakar dan pemeliharaan, serta perkiraan jumlah karbon yang dapat dikurangi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Berkas Lengkap, Kasus Pencemaran Lingkungan Taman Nasional Karimunjawa Segera Disidangkan

News
| Kamis, 13 Juni 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement