Advertisement

Demi Lindungi Pengendara Motor, Perusahaan Ini Ciptakan Kantong Udara Celana Pertama di Dunia

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 25 Februari 2023 - 23:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Demi Lindungi Pengendara Motor, Perusahaan Ini Ciptakan Kantong Udara Celana Pertama di Dunia Celana jeans dengan kantong udara hasil inovasi Mo'cycle. / Ist

Advertisement

Harianjogja.com, STOCKHOLM—Angka kecelakaan pengendara motor cukup tinggi. Namun, inovasi perusahaan ini mungkin bisa jadi solusi untuk mengurangi cidera saat kecelakaan.

Perusahaan Swedia Mo'cycle baru-baru ini mengumumkan celana jeans dengan kantong udara pertama di dunia yang menawarkan perlindungan benturan untuk tubuh bagian bawah pengendara sepeda motor jika terjadi kecelakaan.

Advertisement

Aksesori yang dapat digelembungkan untuk melindungi pengendara sepeda motor jika terjadi kecelakaan sebenarnya bukanlah hal baru. Sebelumnya, ada juta inovasi helm dengan fitur gelembung yang berfungsi sebagai bantalan, dan tali seperti ransel yang dirancang untuk melindungi punggung pemakainya dari benturan.

Kendati demikian, perusahaan rintisan Swedia Mo'cycle mengklaim telah menciptakan jeans airbag pertama di dunia. Terbuat dari Armalith, kain khusus yang terlihat dan terasa seperti denim asli, tetapi sebenarnya anti air dan tahan abrasi, celana jeans tiup itu dilengkapi dengan kantung udara bawaan yang dipicu saat kecelakaan sepeda motor untuk melindungi tubuh bagian bawah pengendara.

Ini merupakan hal revolusioner untuk menggunakan teknologi airbag untuk melindungi tulang pertama dari tulang belakang, pasalnya cedera tulang belakang mampu melumpuhkan pengendara. Selain tulang ekor, jeans khusus menawarkan perlindungan untuk paha, pinggul, dan bagian belakang batang tubuh. Tak hanya itu, seperti celana sepeda motor biasanya, celana ini juga dilengkapi dengan pelindung lutut.

Karakteristik penting dari jeans airbag Mo'cycle adalah dapat digunakan kembali sepenuhnya. Bahkan jika kantung udara mati, kantung udara tersebut dapat dikempiskan dan kemudian dihubungkan ke tabung udara terkompresi lainnya. Pemicu airbag perlu disambungkan ke sepeda motor agar saat pengendara terjatuh, pelatuk terlepas dari jeans, dan kantong udara langsung aktif.

Jika Anda khawatir Anda mungkin lupa melepaskan pelatuk dari sepeda motor dan secara tidak sengaja mengaktifkan airbag, jangan khawatir. Mo'cycle mengklaim bahwa pemicunya membutuhkan kekuatan setidaknya 88 pon (40kg) untuk melepaskannya, yang berarti bahwa jatuh dari kendaraan adalah satu-satunya cara untuk mengaktifkan kantung udara.

“Satu-satunya perlindungan dampak yang Anda miliki dalam jeans sepeda motor biasa pada dasarnya adalah pelindung lutut dan terkadang Anda mendapatkan pelindung pinggul,” kata pendiri dan desainer Mo'cycle, Moses Shahrivar dikutip dari Oddity Central.

“Sebagian besar cedera terjadi pada tubuh bagian bawah dalam kecelakaan sepeda motor yang serius, jadi selama 17 tahun saya mencoba mengatasi masalah ini. Apa yang dilakukan airbag untuk mobil akan terjadi pada kita pengendara sepeda motor.”

Jeans airbag pertama di dunia akan tersedia secara komersial pada bulan ini, dengan harga mulai dari $499 atau Rp7,5 juta. Siapa berminat?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiga Jenazah Awak Helikopter yang Hilang Kontak di Halmahera Timur Ditemukan

News
| Kamis, 22 Februari 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Rayakan Imlek, Solo Safari Sambut Pengunjung dengan Beragam Acara Seru

Wisata
| Senin, 12 Februari 2024, 17:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement