Advertisement

Erick Thohir: BASF-VW Minat Bangun Pabrik Baterai Listrik di Indonesia

Widya Islamiati
Rabu, 01 Maret 2023 - 12:17 WIB
Sunartono
Erick Thohir: BASF-VW Minat Bangun Pabrik Baterai Listrik di Indonesia Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan paparan saat konferensi pers di Jakarta, Senin (2/1/2023). Bisnis - Fanny Kusumawardhani

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan perusahaan asal Jerman dikabarkan akan segera teken kesepakatan untuk mengucurkan investasi pabrik baterai kendaraan listrik di Indonesia.

Erick Thohir menuturkan ada dua perusahaan asal Jerman yang akan menanamkan modalnya untuk membangun pabrik baterai kendaraan listrik di Tanah Air.

Advertisement

Dia menyatakan bahwa kesepakatan itu akan diteken langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan dua perusahaan Jerman tersebut dalam pameran Hannover Messe pada 17-21 April 2023.

BACA JUGA : Mulai Tahun Depan, Indonesia Produksi Baterai Kendaraan

“Saya dengar salah satu deal yang akan dilakukan oleh bapak presiden nanti ke Jerman pada Hanover Messe salah satunya Jerman mau bangun [pabrik baterai listrik] di sini,” kata Erick dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2023, Selasa (28/2/2023).

Dua perusahaan asal Jerman tersebut, kata Erick adalah Badische Anilin und Soda-Fabric (BASF) dan perusahaan otomotif produsen mobil kodok yang cukup legendaris, Volkswagen (VW). “BASF dan VW, Ford [sebelumnya] sudah,” tambah Erick.

Sebelumnya, Erick menyebutkan dalam pembangunan ekosistem kendaraan listrik, Indonesia membuka peluang bagi pihak mana pun yang ingin berinvestasi. BUMN sendiri telah mempunyai Indonesia Battery Corporation (IBC) dan telah bekerja sama dengan CATL untuk mengembangkan baterai kendaraan listrik.

"Siapa partner kita, kita terbuka, BUMN punya IBC yang kita kerja sama dengan CATL salah satu the biggest player. Kita partner dengan LG," ungkapnya.

Diberitakan Bisnis sebelumnya Contemporary Amperex Technology Co. (CATL) berivenstasi dalam pengembangan baterai kendaraan listrik di Indonesia. CATL sendiri merupakan perusahaan baterai kendaraan listrik terbesar di dunia yang mempunyai konsumen perusahaan kendaraan listrik seperti Tesla, BMW, Audi, GM dan Ford.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement