Advertisement

Pelat Kopling Bermasalah, Jeep Tarik 70.000 Unit Wrangler dan Gladiator

Rizqy Rajendra
Sabtu, 04 Maret 2023 - 15:47 WIB
Jumali
Pelat Kopling Bermasalah, Jeep Tarik 70.000 Unit Wrangler dan Gladiator Jeep - Jeep

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAJeep dikabarkan tengah melakukan penarikan unit (recall) terhadap 70.000 model SUV Wrangler tahun produksi 2018 hingga 2023, dan pikap Gladiator dari model tahun 2020 hingga 2023 dengan transmisi manual.

BACA JUGA: Rafael Alun Bantah Kepemilikan Jeep Rubicon

Advertisement

Melansir Consumer Reports, Jumat, (3/3/2023), penyebab dari penarikan ini adalah masalah pada pelat kopling yang terlalu panas (overheat) sehingga dapat memicu kendaraan terbakar.

Menurut dokumen yang diberikan Jeep kepada National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), jika pelat kopling terlalu panas karena gesekan, maka akan patah dan serpihan panas dapat keluar dari kotak transmisi.

Puing-puing ini dapat membahayakan bagi pengemudi lain di jalan dan juga dapat menyebabkan kebakaran di dalam kendaraan atau area sekitarnya jika bersentuhan dengan sumber pengapian pada kendaraan.

Tanda-tandanya, sebelum pelat tekanan kopling rusak, pengemudi mungkin mencium bau terbakar, selip kopling, dan/atau lampu peringatan pada kluster instrumen di belakang kemudi.

Jeep mulai menyelidiki masalah ini sejak akhir tahun lalu dan pada 10 Januari 2023 telah terdeteksi tren potensial kebakaran kendaraan terkait dengan rakitan kopling yang gagal pada Wrangler 2018–2023, serta model Gladiator tahun 2020–2023.

Produsen mobil SUV premium asal AS itu menyatakan, mereka telah mendapatkan 26 catatan pengaduan pelanggan, 36 klaim garansi, dan enam laporan lapangan tentang masalah yang berpotensi terkait dengan kerusakan ini di berbagai negara.

Sejauh ini, belum diketahui adanya laporan kecelakaan akibat pelat kopling Jeep yang meledak. Namun, jika tidak segera diperbaiki, kemungkinan kebakaran pada kendaraan bisa saja terjadi.

Berdasarkan laman resmi Jeep-id.com, ada tiga varian Jeep Wrangler, yakni Sport, Sahara, dan varian tertingginya Rubicon dengan harga dibanderol mulai Rp1,73 miliar.

Sementara itu, model pikap Jeep Gladiator terdiri dari varian Sport, Overland, dan Rubicon dengan banderol harga mulai Rp2,13 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tok! MK Bacakan Putusan Hasil Sengketa Pilpres pada Senin 22 April Mendatang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement