Advertisement

Respons Hyundai Terkait Kebijakan Insentif Mobil Listrik Segera Diberlakukan

Anshary Madya Sukma
Selasa, 14 Maret 2023 - 07:17 WIB
Sunartono
Respons Hyundai Terkait Kebijakan Insentif Mobil Listrik Segera Diberlakukan Penyerahan mobil listrik Hyundai di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (24/11/2021) - Bisnis/Wibi P.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menyampaikan penjualan mobil listrik Ioniq 5 tidak terganggu tempo pemberlakuan subsidi ataupun insentif mobil listrik yang ditarget pada 20 Maret. Hyundai mengklaim konsumen tetap merealisasikan pembelian.

Head of Public Relation PT HMID, Uria Simanjuntak mengatakan hingga saat ini penjualan mobil listrik Ioniq 5 masih stabil. “Terkait kebijakan insentif dari Pemerintah yang rencananya akan diumumkan dalam waktu dekat, dari sisi permintaan mobil listrik Hyundai Ioniq 5 sendiri sampai saat ini masih stabil, semoga segala bentuk dukungan dari Pemerintah kedepannya dapat terus meningkatkan ekosistem mobil listrik Indonesia,” ujar Uria kepada Bisnis, Senin (13/3/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Hyundai Siapkan Mobil Terbang di Ibu Kota Nusantara

Berdasarkan data terbaru dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan Ioniq 5 memang relatif stabil pada Januari - Februari 2023 yang berada pada level 200-an unit. Pada Januari, penjualan Ioniq 5 tercatat 234 unit, selanjutnya Februari sebesar 213 unit.

Namun, penjualan mobil ini belum bisa berada dalam performa penjualan terbaiknya yakni 523 unit yang tercatat pada Oktober 2022.

Di sisi lain, Chief Operating Officer (COO) PT HMID, Makmur, mengatakan bahwa untuk memenuhi permintaan mobil listrik ke depan. Pabrikan Hyundai di Indonesia saat ini sudah meningkatkan kapasitas produksi hingga empat kali lipat dari tahun sebelumnya berkat dukungan dari prinsipal di Korea Selatan.

Lebih lanjut, Makmur menuturkan suplai di prinsipal itu dalam bentuk komponen yang akan diproduksi di PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang berlokasi di Cikarang. 

BACA JUGA : Hyundai Siapkan 400 Mobil Listrik Untuk Kepala Negara

“Suplai di headquarter ya [berupa] komponennya, kan ini mobil diproduksi di Cikarang. Jadi jatah sebulan dapat berapa, sekarang increase empat kali lipat dan saat ini TKDN lebih 40 persen,” ujarnya.

Adapun, Makmur tidak mengungkapkan rincian kapasitas produksi mobil listrik di Cikarang. Sebab, kapasitas produksi per bulannya berbeda-beda karena dipengaruhi suplai barang yang masuk. Namun, dia mengungkapkan kapasitas produksi mobil listrik di pabrik Cikarang tahun lalu mencapai 1.850 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Berani Berinovasi dengan Semangat Memperbaiki, Pesan Dirjen Imigrasi dalam Rakor Perwakilan Imigrasi

News
| Kamis, 30 Mei 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement