Advertisement

Inilah Deretan Mobil Paling Aman di Indonesia

Akhmad Ludiyanto
Minggu, 19 Maret 2023 - 21:07 WIB
Jumali
Inilah Deretan Mobil Paling Aman di Indonesia Innova BEV di IIMS 2022 - Bisnis - Khadijah Shahnaz\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Berdasarkan pengujian yang dilakukan ASEAN NCAP, berikut adalah daftar mobil paling aman di Indonesia.

ASEAN NCAP merupakan program penilaian mobil baru kesembilan di dunia yang melakukan penilaian independen terhadap kinerja keselamatan model mobil penumpang yang dirilis di pasar.

Advertisement

BACA JUGA: Daftar Mobil Bekas Paling Banyak Dicari

Tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan dan meningkatkan standar keselamatan kendaraan dan sistem penilaian di kawasan Asean. Penilaian keselamatan awalnya dimulai dengan fase uji di mana fase pertama penilaian terdiri atas delapan model, didanai oleh Global NCAP.

Pengujian yang dilakukan ASEAN NCAP pada mobil, meliputi kemampuan untuk melindungi penumpang dewasa (adult accupant) dengan poin tertinggi 36, melindungi penumpang anak–anak (child accupant) dengan skor tertinggi 49 poin, dan tentunya soal fitur keselamatan pada mobil (safety assist) dengan skor tertinggi 18 poin.

Berikut adalah mobil paling aman di Indonesia berdasarkan hasil pengujian ASEAN NCAP yang dilakukan akhir 2020 lalu, dikutip dari Goodnewsfromindonesia.

Toyota Corolla Cross (Medium SUV)

Toyota Corolla Cross berhasil memperoleh penilaian dari hasil pengujian ASEAN NCAP dengan skor 88,61, sehingga meraih rate 5 bintang. Secara umum, mobil ini masuk dalam segmen SUV dengan kapasitas penumpang 6 orang.

Dengan mengusung platform TNGA, Toyota Corolla Cross yang dijual di Indonesia dibanderol mulai Rp460 juta hingga Rp510 juta. Spesifikasi SUV anyar besutan Toyota ini menggunakan mesin 2ZR-FE, 4-silinder segaris (Cylinder In-line), DOHC 16-Valve dengan CVT-i 7.

Isuzu MU-X (SUV)

Mobil lain yang mendapatkan rating 5 bintang pada pengujian ASEAN NCAP adalah Isuzu MU-X. Mobil dari segmen SUV ini berjaya pada pengujian tingkat keamanan dengan berbagai fitur dan kemampuan yang dapat memberikan perlindungan. Total skor yang diperoleh Isuzu MU-X pun mencapai 86,81.

Mobil seharga Rp459 juta hingga Rp520 juta ini memiliki kapasitas mesin diesel 2.499 cc dengan kode 4JK1-TC Hi-Power 4 silinder segaris (In-Line 4-Cylinder), dan mengusung teknologi DOHC.

Honda City (Small Family Car)

mobil paling aman di Indonesia berdasar hasil uji ASEAN NCAP adalah Honda City. Pada kategori Small Family Car, Honda City masuk dalam segmen mobil sedan berhasil memperoleh skor 86,54 (5 bintang). Secara umum, sedan yang hadir di Indonesia dalam satu varian ini (E-CVT) dilego sekira Rp352 juta.

Honda City menggunakan mesin dengan kode L15Z1 berkapasitas 1.497 cc yang menggunakan transmisi Automatic CVT Earth Dreams Technology.

Toyota Kijang Innova (MPV)

Sebagai salah satu mobil MPV terlaris di Indonesia, Toyota Kijang Innova juga meraih 5 bintang dari pengujian ASEAN NCAP. Mobil berbanderol Rp339 juta hingga Rp442 juta ini meraih skor 82,69.

Mobil yang juga dieksporke Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, dan Myanmar ini masuk dalam ketegori mobil keluarga dengan perlindungan tertinggi untuk menjaga 7-penumpangnya.

MG ZS (Medium SUV)

Tak ada yang menyangka jika merek mobil yang baru masuk industri otomotif di Indonesia, yakni Morris Garage, berhasil meraih predikat mobil paling aman yang dijual di Indonesia. Varian MG ZS berhasil memperoleh 5 bintang dengan skor keseluruhan yang mencapai 81.

Dijual mulai harga Rp261 juta hingga Rp295 juta, MG ZS yang tersedia dalam 2 varian ini menggunakan mesin 15S4C DOHC 4silinder 16 -Valve VTi–TECH berkapasitas 1.498 cc.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement