Advertisement

Astra Motor Yogyakarta Nobatkan Duta Safety Riding

Media Digital
Senin, 20 Maret 2023 - 11:30 WIB
Sunartono
Astra Motor Yogyakarta Nobatkan Duta Safety Riding Pelatihan safety riding Astra Motor. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Usia remaja merupakan usia produktif dan penuh dengan rasa penasaran. Banyak korban kecelakaan sepeda motor berasal dari usia remaja khususnya SMA/SMK. Hal ini tidak lepas dari tugas para guru dan perangkat sekolah untuk menciptakan budaya keselamatan berkendara di lingkungan sekolah.

Astra Motor Yogyakarta selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah Jogjakarta, Kedu, dan Banyumas membekali pengetahuan keselamatan berkendara kepada para Guru SMK Muhammadiyah Sumpiuh.

Advertisement

Kegiatan diawali dengan diskusi perihal permasalahan yang sering di langgar para siswa di sekolah SMK Muhammadiyah Sumpiuh. Sehingga pihak instruktur safety riding Astra Motor Yogyakarta dapat memberikan materi teori yang sesuai dan dibutuhkan oleh pihak sekolah. Adapun materi teori yang disampaikan perihal awarness, faktor kecelakaan berkendara, perlengkapan berkendara, pola-pola bahaya dan cara menganalisa bahaya di jalan raya.

Semakin seru kegiatan ini dengan mengajak para guru SMK Muhammadiyah Sumpiuh untuk menggunakan alat simulator Honda Riding Trainer (HRT). Dimana alat ini sangat efektif dalam menganalisa bahaya dan potensi bahaya yang akan terjadi saat di jalan raya. Selain itu para guru dapat melihat hasil nilai setelah menggunakan Honda Riding Trainer dan akan langsung di evaluasi oleh instruktur apabila ada nilai yang kurang baik.

Setelah sesi teori dan simulasi selesai, para guru dibekali dengan praktek safety riding secara langsung di area course Gedung Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta. Di mulai dari teknik breaking (pengereman), teknik slalom (berbelok/menikung), teknik keseimbangan dan teknik mendirikan sepeda motor yang jatuh.

“Dengan kegiatan edukasi safety riding ini diharapkan para guru dan karyawan dapat memberikan contoh perilaku dan juga ilmu kepada para siswa agar lebih peduli terhadap keselamatan berkendara” pungkas Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement