Advertisement

SmartAI Shop, Bantu Ritel Hadapi Tren Belanja Masa Depan

Abdul Hamied Razak
Minggu, 04 Juni 2023 - 13:57 WIB
Abdul Hamied Razak
SmartAI Shop, Bantu Ritel Hadapi Tren Belanja Masa Depan ICS Compute menghadirkan SmartAI Shop, sebuah kiosk retail untuk tren belanja masa depan, Minggu (4/6 - 2023) ist

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— ICS Compute menghadirkan SmartAI Shop, sebuah kiosk retail yang memanfaatkan layanan AWS (Amazon Web Services).

Founder dan CEO ICS Compute Budhi Wibawa mengatakan dengan menggabungkan teknologi AWS yakni Amazon Rekognition, AWS Amazon SageMaker, AWS IoT, dan Amazon Managed Service for Grafana, SmartAI Shop membawa pengalaman belanja yang revolusioner kepada pelanggan.

Advertisement

BACA JUGA: Kachaka, Robot Buatan Startup AI Jepang untuk Bantu Antarkan Barang

"SmartAI Shop adalah kiosk retail yang menggunakan teknologi pengenalan wajah melalui layanan Amazon Rekognition. Melalui teknologi ini, kiosk dapat mengidentifikasi pelanggan secara individu saat mereka memasuki toko," katanya melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Minggu (4/6/2023).

Perangkat SmartAI Shop ini, lanjut Budi, dapat menyajikan pengalaman belanja yang personal dan disesuaikan dengan preferensi masing-masing pelanggan. "Dengan informasi sejarah belanja dan preferensi pelanggan yang terdeteksi, kiosk ini dapat memberikan rekomendasi produk yang sesuai, meningkatkan kepuasan pelanggan," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, SmartAI Shop menggunakan layanan Amazon SageMaker untuk memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) yang canggih. Dengan analisis data yang kuat, kiosk ini dapat mempelajari pola belanja pelanggan dan melakukan prediksi tren belanja di masa depan.

Kondisi tersebut, memungkinkan pemilik toko untuk mengoptimalkan stok produk, mengatur penawaran khusus, dan merancang strategi pemasaran yang lebih efektif. SmartAI Shop memberikan pengalaman belanja yang dipersonalisasi dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

BACA JUGA: Tidak Habis Pikir, Perempuan Ini Mengaku Selingkuh dengan Chatbot AI

"Dalam hal pemantauan dan analisis data, SmartAI Shop memanfaatkan Teknologi IOT dari AWS dengan menggunakan sensor suhu dan sensor kelembaban, yang nantinya akan termonitor melalui Amazon Managed Service for Grafana. Teknologi ini untuk memastikan kondisi dan mutu produk terjaga dengan baik," katanya.

ICS, lanjut Budi, saat ini tengah mengembangkan produk-produk yg memanfaatkan AI dan machine learning seperti Face Recognition, Object Detection, TextTrack, OCR, dan lebih banyak lagi. Selain itu, ICS fokus memanfaatkan AWS IoT untuk membantu pelanggan yang membutuhkan solusi berbasis cloud untuk memonitor device maupun sensor IoT-nya masing-masing.

Atas berbagai inovasi yang dilakukan, katanya, pihaknya pun mendapatkan penghargaan Amazon Web Services (AWS) melalui penghargaan Indonesia Partner of the Year 2023.nICS Compute juga menambah Kompetensi Migrasi pada April 2023 ini, serta memiliki Channel Partner Private Offers (CPPO) partner lokal Indonesia yang pertama.

“Penghargaan Indonesia Partner of the Year 2023 dan dipercayainya ICS sebagai Channel Partner Private Offering (CPPO) yang pertama di Indonesia merupakan bentuk pengakuan terhadap kompetensi kami," kata Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Barbados Mengumumkan Mengakui Palestina Sebagai Sebuah Negara

News
| Sabtu, 20 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement