Advertisement

Kunci Sukses UMKM Bengkel Binaan YAHM, Omzet Melesat hingga Serap Tenaga Kerja

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 17 Juni 2023 - 01:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Kunci Sukses UMKM Bengkel Binaan YAHM, Omzet Melesat hingga Serap Tenaga Kerja Pelatihan penguatan kompetensi ini digelar bagi seluruh anggota bengkel binaan dari angkatan 2017, 2019 dan 2021 pada 12 / 14 Juni 2023 di SMK Mitra Industri MM2100 Cikarang. Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pelaku UMKM yang tergabung dalam Astra Honda Youthpreneruship Program (AHYPP) dinilai mampu menciptakan lapangan kerja untuk alumni SMK di sekitarnya.

Tidak hanya itu, pengusaha muda alumni SMK Binaan Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) ini mampu mendongkrak omzet usaha bengkelnya hingga ratusan juta seiring usainya pandemi.

Advertisement

BACA JUGA: Ini Bengkel yang Menangani Pesawat Raksasa A380 di Indonesia

Ketua YAHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan program pemberdayaan UMKM di bidang perbengkelan ini diharapkan mampu menjadi tangga kepada para binaan untuk menaikkan level bisnisnya secara bertahap. Dari level terbawah hingga pada level kemandirian.

"Melalui semangat Sinergi Bagi Negeri, kami terus membina dan mendampingi UMKM alumni SMK dengan berbagai kegiatan yang membawa mereka pada sebuah kemajuan. Kami juga melakukan monitoring dan mentoring untuk mengetahui perkembangan bisnis serta memberikan solusi apabila ada kendala yang dihadapi," ujar Muhib, Jumat (16/6/2023).

Dia menjelaskan, para pengusaha UMKM bengkel ini merupakan para alumni SMK binaan AHM yang menerapkan kurikulum Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda. YAHM memberikan bantuan peralatan perbengkelan dan standardisasi bengkel UMKM ini sekaligus memberikan akses permodalan untuk pengembangan usaha bagi yang berprestasi.

Dalam mendukung pengelolaan operational bengkel, YAHM menyiapkan platform pengelolaan keuangan, pengelolaan stock spare part, sampai pembuatan invoice untuk para pelanggannya. Mereka tersebar di 12 Provinsi mulai Aceh, Riau, Bengkulu, Banten, Bali, Jogja, Jawa Timur hingga Kalimantan.

Dijelaskan Muhib, sebanyak 28 UMKM muda peserta AHYPP melaporkan kenaikan omzet bengkel yang sikelola pada Januari-Mei 2023 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. "Sejumlah UMKM bengkel alumni ini berhasil melakukan diversifikasi usaha, melengkapi usaha bengkelnya, seperti tambahan jasa cuci motor, pengecatan, restorasi dan salon sepeda motor," katanya.

Sejalan dengan peningkatan kinerja bisnis bengkel, sekitar 82% dari 28 UMKM yang dibina YAHM sudah memiliki karyawan mulai dari 1-5 orang. Sebagian besar karyawan menempati posisi mekanik hingga tenaga administrasi. Beberapa bengkel binaan bahkan juga menjadi tempat Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi para siswa SMK binaan AHM.

BACA JUGA: Lewat Bisnis Bengkel Motor Listrik, Pria Ini Bermimpi Selamatkan Masa Depan

Untuk mengantarkan ke jejang mandiri, lanjut Muhib, YAHM kembali memberikan pelatihan untuk pendalaman pengetahuan teknik sepeda motor hingga pengelolaan bengkel. "Selain pelatihan, para peserta juga melaksanakan benchmark teknologi Honda terbaru dan melihat secara langsung perakitan sepeda motor Honda di AHM Plan Cikarang," katanya.

Agus Eka Guncara Bisma, UMKM muda dari Karangasem Bali berhasil membukukan omzet lebih dari Rp100 juta perbulan dari bengkel sepeda motor dan penjualan sparepart. "Alhamdulillah usaha saya terus berkembang. Selain bengkel, saya dapat tambahan pemasukan dari penjualan spare part, cuci motor, dan pengelasan" ungkap Ikbal Usman Febriyanto, alumni SMK Ma'arif 1 Wates pemilik bengkel MAN Motor di Wates, Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Rumah Terendam Akibat Luapan Sungai Cibeureum

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement