Advertisement

Cara Mengatasi Layar Laptop Hitam atau Nge-Freeze

Tri Indah Lestari (ST22)
Selasa, 11 Juli 2023 - 09:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cara Mengatasi Layar Laptop Hitam atau Nge-Freeze Foto ilustrasi laptop eror. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kamu pernah dibuat heran dengan kondisi layar yang hitam ketika menghidupkan laptop? Layar hitam itu mirip saat laptop mati namun kursor dapat bergerak bebas. Meski kamu sudah menekan tombol tetapi laptop tidak menunjukkan respons apapun di layar.

Layar laptop hitam atau nge-freeze dapat terjadi akibat perangkat terlalu panas atau overheat, RAM terlalu penuh, hingga permasalahan pada driver grafis atau sistem operasi perangkat.

Advertisement

Tidak perlu panik, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut sebagai upaya pertolongan pertama laptop yang hitam atau nge-freeze:

1. Gunakan kombinasi tombol pintasan

Kombinasi tombol pintasan atau shortcut key ini menjadi cara mudah dan praktis untuk mengembalikan laptop berfungsi secara normal kembali. Cukup menekan tombol Windows + Shift + Ctrl + B secara bersamaan, lantas laptop akan mereset driver grafis dan dalam sepersekian detik laptop dapat bekerja seperti sedia kala.

Baca juga: Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Disdikpora DIY Melarang Perpeloncoan

2. Restart laptop

Bagaimana bisa menghidupkan kembali laptop di saat layarnya hitam atau tidak responsif? Tenang, Anda tinggal menekan tombol Ctrl + Alt + Delete bersamaan, nantinya tampilan layar akan berubah biru, kemudian pilih ikon power lalu pilih “Restart” dan laptop akan menjalankan perintah.

3. Hard Shutdown

Ketika langkah-langkah di atas masih belum membantu permasalahan Anda, lakukan cara andalan yakni dengan mematikan laptop secara paksa. Cara ini bisa disebut efektif namun tidak baik untuk kesehatan baterai atau komponen lainnya.

Tekan tombol power beberapa detik sampai layar mati, diamkan beberapa detik kemudian nyalakan kembali laptop Anda.

Selamat mencoba! Apabila cara-cara tersebut masih tidak mengatasi permasalahan layar hitam atau freeze pada laptop maupun tingkat frekuensi meningkat, segera bawa laptop ke teknisi agar dapat diperiksa secara menyeluruh baik sistem software hingga bagian hardware laptop.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

12 Pesawat Tempur China Terbang Rendah di Wilayah Taiwan

News
| Sabtu, 27 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement