Advertisement

Cara Beli Centang Biru atau Verifikasi Akun Facebook, Instagram, dan Twitter

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 16 Juli 2023 - 17:17 WIB
Jumali
Cara Beli Centang Biru atau Verifikasi Akun Facebook, Instagram, dan Twitter Twitter

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Apa arti tanda centang biru sekarang? Media verifikasi atau validasi media sosial?

Memverifikasi akun media sosial dimulai oleh Twitter pada tahun 2009 sebagai cara untuk menandai akun asli dari figur publik atau organisasi terkenal. Facebook mengikutinya dengan tanda centang biru pada tahun 2013. Praktik ini kemudian diperkenalkan ke Instagram pada tahun 2014.

Advertisement

BACA JUGA: Cara Mudah Dapat Centang Biru Instagram

Namun, saat ini siapa saja dapat dengan mudah mendapatkan verifikasi akun Facebook, Instagram, ataupun Twitter dengan berlangganan.

Bagi beberapa kreator dan pemilik usaha kecil, centang biru masih memiliki nilai dalam hal kredibilitas yang dirasakan.

Facebook

Verifikasi Facebook adalah proses memverifikasi akun atau Halaman untuk menunjukkan kepada pengguna lain bahwa akun atau Halaman tersebut mewakili kehadiran Anda yang asli di platform. Tanda centang biru akan muncul di samping nama akun yang telah diverifikasi.

Berikut cara memverifikasi akun Facebook:
- Klik Pengaturan di bagian atas Halaman Facebook Anda
- Dari menu Umum, klik pilihan Verifikasi Halaman
- Pada Verifikasi, Anda akan memiliki pilihan untuk proses verifikasi instan atau proses verifikasi terperinci. Jika Anda memilih opsi instan, Facebook akan menghubungi nomor yang telah Anda berikan di halaman Anda dan Anda akan diberikan tanda verifikasi. Namun, jika Anda memilih opsi terperinci, Anda harus mengunggah dokumen resmi yang menunjukkan nama dan alamat bisnis Anda dengan jelas
- Setelah menerima validasi Anda (proses instan atau terperinci), Facebook biasanya membutuhkan waktu sekitar 48 jam hingga 45 hari untuk mengonfirmasi atau menolak permintaan Anda.

Twitter

Tanda centang biru pada akun Twitter berarti akun tersebut memiliki langganan aktif Twitter Blue dan memenuhi persyaratan kelayakan Twitter.

Twitter sudah menghentikan program Verifikasi lama dan akun yang telah diverifikasi berdasarkan kriteria sebelumnya (aktif, terkenal, dan autentik) tidak akan mendapatkan tanda centang biru kecuali jika akun tersebut berlangganan Twitter Blue.

Cara berlangganan Twitter Blue:

Untuk berlangganan di web, buka twitter.com dan pilih Lainnya > Twitter Blue > Berlangganan. Di sini, Anda akan diminta untuk memverifikasi nomor ponsel Anda, jika Anda belum melakukannya. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk melakukan pembayaran langganan.

Demikian pula, untuk berlangganan di iOS atau Android, buka menu profil > Twitter Blue > Berlangganan. Jika belum, Anda akan diminta untuk memverifikasi nomor ponsel Anda. Ikuti petunjuk pembelian dalam aplikasi untuk menyelesaikan langganan Anda.

Instagram

Pengguna Instagram sekarang dapat membeli centang biru untuk akun mereka. Tetapi, sama seperti Twitter Blue, langganan Meta Verified akan memerlukan pembayaran bulanan. Selain centang biru, pelanggan mendapatkan akses ke stiker eksklusif untuk Instagram Stories.

Berikut cara berlangganan layanan Meta Verifide:
1. Memilih profil
Buka 'Pengaturan' di Instagram. Klik 'Pusat Akun', lalu 'Meta Verified'. Jika tersedia untuk akun Anda, Anda akan melihat 'Meta Verified tersedia' di bawah nama dan foto profil Anda.
2. Pilih pembayaran
Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan untuk pembayaran bulanan Anda.
3. Verifikasi identitas
Selesaikan proses verifikasi dan berikan kartu identitas foto yang dikeluarkan oleh pemerintah dan jika tersedia, video selfie untuk mengonfirmasi identitas Anda sebelum disetujui untuk berlangganan Meta Verified.

Meta biasanya membutuhkan waktu hingga 48 jam untuk memverifikasi akun Instagram. Jika sebuah akun tidak diverifikasi, Meta akan mengembalikan pembayaran, kecuali jika pengguna mengajukan permohonan kembali untuk verifikasi.

(Sumber: Bisnis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement