Advertisement

Perusahaan Jepang Rilis Giraffenap, Perangkat yang Membuat Anda Bisa Tidur Sambil Berdiri

Lajeng Padmaratri
Minggu, 13 Agustus 2023 - 15:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Perusahaan Jepang Rilis Giraffenap, Perangkat yang Membuat Anda Bisa Tidur Sambil Berdiri Tabung vertikal Giraffenap yang dirilis perusahaan Jepang agar pekerja di sana bisa tidur secara berdiri untuk beristirahat dengan cepat. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, TOKYO—Untuk mendukung efisiensi kerja, sebuah perusahaan di Jepang meluncurkan sebuah perangkat berupa tabung vertikal yang memungkinkan siapapun untuk tidur siang dengan berdiri.

Melansir Oddity Central, alat bernama Giraffenap itu disebut sebagai pod vertikal yang memungkinkan tidur gaya baru. Penggunanya dimungkinkan mendapatkan tidur siang yang nyenyak di siang hari sebagai cara untuk meningkatkan konsentrasi dan efisiensi kerja.

Advertisement

BACA JUGA: Ingin Resign? Di Jepang, Ada Agensi yang Bantu Karyawan Keluar Pekerjaan

Seperti diketahui, Jepang terkenal sebagai negara pekerja keras yang menekankan dedikasi ekstrem pada pekerjaan seseorang, bahkan dengan mengorbankan kesehatan atau kesejahteraan umum orang tersebut. Kondisi lingkungan kerja bisa menjadi sangat buruk sehingga dalam bahasa Jepang sebenarnya ada istilah mati karena terlalu banyak bekerja yang disebut karoshi.

Untuk menghadapi jadwal pekerjaan yang padat dan tingkat stres yang melelahkan seperti ini, beberapa pekerja Jepang beralih ke tidur siang singkat untuk memulihkan tenaga. Sesi tidur siang singkat diyakini efektif untuk meningkatkan tingkat energi dan konsentrasi, selama orang tersebut tidak sampai tidur nyenyak.

Untuk memudahkan orang mendapatkan tidur siang cukup banyak di mana saja, satu perusahaan mulai memasang pod tidur vertikal yang disebut 'Giraffenap'. Perangkat itu mulai dipasang di sejumlah kafe di seluruh negeri.

Tabung Giraffenap memiliki orientasi vertikal, sehingga dalam hal ruang, perangkat ini jauh lebih mudah dipasang di kafe dan restoran kecil, karena hanya memakan sedikit ruang. Selain itu, alasan tabung itu dibuat vertikal ialah berkaitan dengan tingkat nyenyak pada tidur itu sendiri. Rupanya, mempertahankan posisi berdiri ternyata memudahkan orang yang menggunakan tabung itu untuk bangun dari tidur siangnya.

BACA JUGA: Ketahui Jenis Gangguan Tidur dari Insomnia hingga Sindrom "Putri Tidur"

Setiap pod Giraffenap memiliki sistem alarm yang dapat diatur oleh pengguna, serta titik pendukung untuk berbagai bagian tubuh, seperti kepala, bokong, betis, dan kaki, untuk memastikan pengguna mempertahankan posisi tegak saat tidur siang. Pod juga menampilkan sistem penyesuaian ketinggian sehingga siapa pun dapat mencapai postur tubuh yang sempurna saat menggunakannya.

Tabung tidur itu kini hadir dalam dua jenis, yang pertama ialah model putih polos, dan yang kedua meniru desain bambu yang lebih tradisional. Keduanya menawarkan insulasi suara yang bagus, serta berbagai suara yang dirancang untuk mendorong tidur, sekaligus disertai sistem ventilasi bawaan.

Giraffenap saat ini sedang diterapkan di beberapa kedai kopi di Jepang. Tertarik mencoba pod ini untuk tidur berdiri?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Buruan Beli! Harga Tiket MotoGP Diskon 50 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement