Advertisement

5 Cara Menghindari Kecelakaan Lalu Lintas

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 15 Agustus 2023 - 14:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Cara Menghindari Kecelakaan Lalu Lintas Ilustrasi kecelakaan lalu lintas - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kecelakaan lalu lintas dapat terjadi dimana saja, kapan saja, dan menimpa siapa saja. Namun sebagai pengendara, kita dapat mengantisipasi dengan melakukan berbagai cara menghindari kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Kecelakaan bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti kondisi kendaraan yang tidak prima maupun kondisi kita sebagai pengendara yang kurang fit dan kurang konsentrasi.

Advertisement

Agar tetap selamat selama berkendara, berikut ini cara menghindari kecelakaan di jalan raya yang dihimpun dari berbagai sumber:

1. Cek kondisi kendaraan

Hal mendasar yang perlu dilakukan pengecekan di antaranya ban mobil masih terisi angin, cek lampu, oli kendaraan dan juga memastikan rem berfungsi dengan baik.

Baca juga: Happy Asmara Pilih Vakum dari Medsos

2. Memastikan tubuh fit

Memastikan tubuh dalam kondisi yang fit atau prima tidak hanya sebatas sedang sakit atau tidak. Kondisi yang mengantuk juga perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengendarai motor atau mobil. Jangan memaksakan untuk membawa kendaraan saat kantuk melanda karena bisa jadi menghilangkan konsentrasi dan bisa menjadi penyebab kecelakaan.

3. Cek kelengkapan berkendara

Tidak hanya STNK dan surat izin mengemudi (SIM) yang perlu dipersiapkan, memastikan helm dan juga sarung tangan juga perlu dilakukan. Helm perlu dipastikan apakah pengaitnya berfungsi atau tidak. Kuncilah helm sampai berbunyi klik, demi menjaga keamanan kepala Anda.

4. Jaga jarak

Cara menghindari kecelakaan lalu lintas berikutnya adalah dengan menjaga jarak dengan kendaraan lain. Pastikan jarak jangan terlalu dekat agar tidak bersenggolan dan terlibat kecelakaan.

5. Taati aturan

Jangan melanggar aturan lalu lintas. Jika traffic light menyala merah, berhentilah.

Itulah lima cara menghidari kecelakaan lalu lintas di jalanan. Tetap berhati-hati saat berkendara karena ada keluarga yang menanti kita di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Sebut Evakuasi Warga Rafah Butuh Waktu 10 Hari

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement