Advertisement

Kecelakaan Beruntun Exit Tol Bawen Diduga karena Masalah Rem, Berikut Penyebab Rem Blong

Arief Junianto
Minggu, 24 September 2023 - 13:07 WIB
Arief Junianto
Kecelakaan Beruntun Exit Tol Bawen Diduga karena Masalah Rem, Berikut Penyebab Rem Blong Beberapa kendaraan yang ringsek akibat diterjang truk yang diduga mengalami rem blong di simpang tiga exit toll Bawen, Sabtu (24/9/2023). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kecelakaan beruntun yang terjadi di ruas Jalan Semarang-Salatiga, tepatnya di pertigaan exit toll Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (23/9/2023) sekitar pukul 18.15 WIB diduga karena rem blong yang dialami oleh truk. Sebenarnya, apa yang membuat sebuah kendaraan mengalami rem blong?

Kecelakaan terjadi diduga karena rem blong yang dialmi sebuah truk tronton yang berjalan dari arah Semarang menuju Kota Salatiga.

Advertisement

Di lokasi kejadian, puluhan motor dan beberapa mobil mengalami ringsek karena benturan yang cukup keras. Saat ini polisi sedang melakukan evakuasi truk tronton dan kendaraan lain yang terlibat kecelakaan.

BACA JUGA: Rem Blong! Truk Tabrak Belasan Motor di Exit Toll Bawen

Akibat kecelakaan itu arus lalu lintas dari arah Semarang maupun Salatiga mengalami kemacetan panjang mencapai 2 kilometer. Sampai pukul 19.50 WIB kendaraan yang terlibat kecelakaan berhasil dievakuasi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa penyebab rem blong pada mobil:

  1. Kebocoran minyak rem

Dengan menerapkan sistem hidraulis, cara kerja rem sangat dipengaruhi oleh tekanan yang diberikan oleh pelumas saat menginjak rem. Dalam sistem pengereman, pelumas itu biasa disebut dengan istilah minyak rem.

Pelumas ini akan menekan piston dan kampas untuk menjepit cakram/tromol. Gesekan antara kampas dan cakram/tromol inilah yang akan mengurangi kecepatan putaran roda.

Nah, apabila mengalami kebocoran, maka pelumas tidak akan bekerja secara maksimal, sehingga rem blong akan terjadi.

  1. Vapor Lock

Jika pedal rem diinjak dengan intensitas dan tekanan yang tinggi, maka bisa memicu peningkatan suhu di ruang pelumas. Hal ini bisa menyebabkan pelumas atau minyak rem meleleh dan tak bisa bekerja secara optimal. Ini pun bisa menyebabkan rem blong.

  1. Piston Rem Rusak

Piston rem yang bermasalah akan menyebabkan daya cengkeram terhadap tromol/cakram menjadi berkurang. Jika hal ini terjadi sangat besar kemungkinan rem blong akan Anda alami.

  1. Jarang Dirawat

Berbagi komponen dalam sistem pengereman harus dicek secara berkala. Jika satu saja komponen itu rusak atau bermasalah, maka sistem pengereman menjadi ikut bermasalah, bahkan tidak mungkin rem blong akan terjadi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update Harga Pangan 2 Mei: Komoditas Beras dan Bawang Putih Naik

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement