Advertisement

Keren! Tim Robotik ITNY Ikuti KRTI 2023 di Lampung

Media Digital
Selasa, 26 September 2023 - 14:57 WIB
Arief Junianto
Keren! Tim Robotik ITNY Ikuti KRTI 2023 di Lampung Tim Mavericks Drone Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY). - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Tim Mavericks Drone Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) mengikuti ajang talenta Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2023.

Kompetisi ini digelar oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di Institut Teknologi Sumatera (ITERA) pada 22-27 September 2023. Sedangkan lokasi penilaian final KRTI adalah di Pangkalan Udara TNI AU Pangeran M. Bun Yamin, di Lampung.

Advertisement

Tim Mavericks ITNY beranggotakan mahasiswa Teknik Elektro, yaitu Bagas Nur Susanto (3000220015), Syahrul Nur Arifin (3000220016) dan Deof Muaziva (3100210008) sebagai ketua tim serta dosen pembimbing Bagus Gilang Pratama, MEng.

Deof mengatakan bahwa sebelum masuk final, Tim Mavericks sudah mengikuti seleksi regional yang digelar sejak 13-15 Agustus 2023 lalu dan lolos untuk mengikuti KRTI 2023 Divisi Vertical Take Off Landing bersama 17 tim lainnya.

BACA JUGA: Tim Gamaforce Diluncurkan, Bidik Target Juara Umum KRTI

Deof menjelaskan bahwa pada kompetisi Final ini, tim Mavericks ITNY tergabung dalam grup C Bersama dengan tim Dari Universitas Negeri Surabaya dan Universitas Sebelas Maret.

Pada Kesempatan ini, hasil seleksi babak penyisihan tim mavericks harus gugur untuk babak penyisihan dengan keterangan menang sekali dan kalah sekali. Tim Mavericks dinyatakan menang melawan Universitas Sebelas Maret sedangkan kalah melawan Universitas Negeri  Surabaya. Tim Mavericks ITNY menempati posisi ke 4 runner up terbaik (10 besar dari babak penyisihan).

“Kompetisi ini merupakan pengalaman pertama tim Marvericks ITNY dalam mengikuti Kontes Robot Terbang Indonesia. Dengan persiapan hanya 3 bulan dan Alhamdulillah tidak disangka kami berhasil lolos untuk berkompetisi ditingkat nasional”, jelas Deof melalui rilis, Selasa (26/9/2023).

Gilang mengatakan bahwa kampus sangat support dengan ide dan kreatifitas para mahasiswa. Kampus menanggung semua biaya operasional dari pembelian komponen serta biaya operasional pasca perakitan dan tes uji terbang hingga reward untuk mahasiswa juara. “Suatu kebanggan tersendiri kita bisa menunjukkan kiprah terbaik robotik ITNY untuk bisa bersaing diperlombaan tingkat nasional”, pungkas Gilang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement