Advertisement

Jaringan 5G di Bandara dan Arena Lelet, Bye ..

Afaani Fajrianti
Minggu, 08 Oktober 2023 - 21:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Jaringan 5G di Bandara dan Arena Lelet, Bye .. Pemerintah Tiongkok diperkirakan mengeluarkan lisensi 5G untuk sejumlah operator telekomunikasi pada semester kedua 2019. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Teknologi jaringan 5G idealnya dapat menjawab kebutuhan masyarakat saat ini, setidaknya mengenai kekuatan dan kestabilan sinyal. Ericsson ConsumerLab melaporkan kedua aspek tersebut sangat diperhitungkan di lokasi utama seperti bandara dan arena menjadi harga mati. Pelanggan bakal pindah ke operator lain jika layanan 5G tidak stabil di sana. 

Ericsson telah merilis penelitian menunjukkan faktor yang memengaruhi kepuasan konsumen terhadap layanan 5G berubah, dengan pengguna secara aktif mencari dan bersedia membayar lebih banyak uang untuk jaringan yang lebih baik dan lebih terdiferensiasi.

Advertisement

Kepala Ericsson CunsumerLab Jasmeet Singh Sethi mengatakan satu dari lima pengguna ponsel pintar 5G yang disurvei menyatakan preferensi yang jelas terhadap berbagai layanan konektivitas berkualitas. “Para pengguna ini secara aktif mencari kinerja jaringan yang lebih tinggi dan konsisten, terutama yang dirancang untuk aplikasi-aplikasi yang menuntut dan lokasi-lokasi penting yang spesifik,” kata Jasmeet Singh Sethi, dikutip dari computerweekly, Minggu (8/10/2023).

Kinerja 5G di lokasi-lokasi utama memengaruhi loyalitas konsumen. Laporan tersebut juga mengungkapkan sekitar 17 persen konsumen di 28 negara telah berganti penyedia layanan sejak 5G diluncurkan, didorong oleh kinerja jaringan 5G. Pengalaman 5G akan berdampak signifikan di lokasi-lokasi utama, seperti arena dan bandara, dan 27 persen pengguna ponsel cerdas mengharapkan konektivitas 5G yang berbeda.

Riset tersebut melibatkan 37.000 konsumen di 28 pasar, mencerminkan pandangan sekitar 1,5 miliar konsumen secara global, termasuk sekitar 650 juta pelanggan 5G. Secara umumnya, penelitian ini menyoroti tren terkini dalam permintaan, kepuasan konektivitas seluler, dan potensi kasus bisnis untuk 5G, seiring dengan makin banyaknya pelanggan di seluruh dunia yang menyatakan kepuasan pelanggan terhadap jaringan 5G.

Baca Juga: Target RI Masuk 10 Besar Internet Tercepat di Dunia, Kemenkominfo Diskon PNBP 5G

Namun studi tersebut juga menemukan pengalaman konektivitas 5G yang tidak memuaskan di lokasi-lokasi utama seperti stadion, arena hiburan, dan bandara dapat membuat pelanggan lebih cenderung berpindah penyedia layanan tiga kali lebih tinggi.

Temuan utamanya adalah satu dari lima pengguna ponsel pintar 5G yang mencari pengalaman layanan 5G yang berbeda, seperti kualitas layanan, untuk aplikasi yang menuntut bersedia membayar premi hingga 11 persen kepada Penyedia Layanan Komunikasi (CSP) untuk mendapatkan manfaat dari layanan tambahan.

Adapun faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan konsumen tampaknya terus berkembang, termasuk peralihan dari cakupan geografis 5G ke metrik yang lebih berbasis pengalaman aplikasi, seperti kualitas siaran, pengalaman bermain game seluler, panggilan video, dan konsistensi kecepatan 5G.

Hal ini sudah terlihat di kalangan pengguna awal 5G. Selain itu, sekitar 37 persen konsumen 5G yang disurvei percaya bahwa peningkatan kuota data dalam paket 5G mereka akan membenarkan dampak kenaikan harga CSP.

Studi tersebut juga menunjukkan rata-rata, pengguna 5G melaporkan peningkatan 47 persen dalam waktu yang dihabiskan untuk format video yang disempurnakan selama dua tahun terakhir.

Jumlah pengguna harian aplikasi augmented reality (AR) meningkat dua kali lipat sejak akhir tahun 2020. Format yang muncul makin mendorong adopsi 5G dan konsumsi data, karena penyedia layanan menggabungkan konten multimedia dalam paket 5G.

Tak hanya itu, pengguna baru 5G masih menghargai jangkauan dan kecepatan 5G di luar ruangan, dan di pasar dengan cakupan populasi 5G melebihi 80 persen, pengguna lama memprioritaskan kualitas video, dan kecepatan unggah untuk aplikasi dapat digunakan, yang mencerminkan ekspektasi yang terus berkembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bengkel Motor di Cilangkap Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp500 Juta

News
| Senin, 29 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement