Advertisement

Verstappen Ukir Kemenangan ke-17 di Grand Prix Sao Paulo

Newswire
Senin, 06 November 2023 - 11:27 WIB
Sunartono
Verstappen Ukir Kemenangan ke-17 di Grand Prix Sao Paulo Verstappen Ukir Kemenangan ke-17 di Grand Prix Sao Paulo. - Antara.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Max Verstappen mengukir kemenangannya yang ke-17 musim ini di Grand Prix Sao Pulo yang berlangsung di Sirkuit Interlagos, Brazil, Minggu malam waktu setempat atau Senin pagi WIB.

Juara dunia tiga kali yang membela Red Bull itu unggul 8,2777 detik atas pembalap McLaren Lando Norris, untuk menjadi yang tercepat, demikian catatan laman resmi Formula 1.

Advertisement

Bagi Verstappen, ini merupakan kemenangan ke-52 sepanjang kariernya. Kemenangan ini juga mendongkrak dia mengungguli Alain Prost dalam daftar pemenang sepanjang masa.

BACA JUGA : Cuaca Buruk, Jadwal MotoGP Australia Diundur

"Ini benar-benar bagus. Balapan yang dieksekusi dengan baik oleh tim, pit stop yang sempurna, dan bagus menurut saya. Saya memiliki dua start yang bagus, yang sangat penting dan kemudian mengatur penggunaan ban," ucap Verstappen seperti dikutip AFP.

Di belakang Verstappen dan Norris, Fernando Alonso menduduki posisi ketiga untuk Aston Martin, dengan keunggulan 0,053 atas Sergio Perez.

Alonso dan Perez terlibat pertarungan sampai akhir yang menegangkan, sebelum pembalap Spanyol itu mengamankan posisi di podium.

Lance Stroll finis di posisi kelima untuk Aston Martin, dengan mengungguli pembalap Ferrari Carlos Sainz dan Pierre Gasly dari Alpine.

Juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton finis di posisi kedelapan untuk Mercedes setelah berjuang keras mengatasi masalah bannya. Ia unggul atas Yuki Tsunoda dari Alpha Tauri dan Esteban Ocon.

Tanpa pesaing kuat di baris terdepan, Verstappen melesat sejak awal. Namun tabrakan yang melibatkan Alex Albon dan Kevin Magnussen membuat bendera merah harus berkibar.

Setelah ditunda selama 30 menit, balapan dimulai kembali. Verstappen seolah tidak terganggu dengan insiden yang sempat muncul dan kembali melejit.

Norris mampu mengatasi serangan Hamilton dan Alonso memaksimalkan slipstream untuk melewati pembalap Mercedes, yang turun ke posisi keempat.

Setelah mendapat masukan dari timnya, Hamilton lebih berhati-hati dalam penggunaan ban. Ia tidak dapat menahan Perez pada lap 19 dan kemudian masuk pit, untuk mengganti ban soft dengan medium.

Kedua pembalap terdepan masuk pit berbarengan pada lap 27 dan kembali bergabung dengan kondisi Verstappen unggul 4,7 detik atas Norris dan Alonso.

Pada pertengahan bergulirnya balapan, Mercedes mengalami kesulitan dan Sainz menyalip untuk mengisi posisi keenam. Saat itu Verstappen semakin unggul di depan.

BACA JUGA : Indonesia MotoGP Mandalika 2023 Sukses Digelar dengan Listrik PLN Tanpa Kedip

Russell memulai putaran kedua balapan saat ia masuk pit untuk mengganti dengan ban soft pada lap 46, dan Hamilton pada lap 47, sebelum Russell kemudian tidak dapat melanjutkan balapan karena masalah overheat.

Verstappen menunggu sampai lap 57, memberi keunggulan pada Norris, sampai ia juga masuk pit pada lap 60, yang membuat Alonso sempat melakukan perlawanan sampai akhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dituding Melarang Warung Madura Beroperasi 24 Jam, Ini Klarifikasi Kemenkop-UKM

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement