Advertisement

Google Calendar Tidak Bisa Lagi Beroperasi di Sistem Operasi Ini

Newswire
Minggu, 26 November 2023 - 23:47 WIB
Maya Herawati
Google Calendar Tidak Bisa Lagi Beroperasi di Sistem Operasi Ini Ilustrasi Google Calendar / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Dalam waktu dekat Google Calendar tidak akan lagi beroperasi pada gawai yang masih menggunakan sistem operasi Android Nougat 7.1 dan versi lebih lama lainnya.

Kabar tersebut dilaporkan oleh Phone Arena, Sabtu (25/11/2023) waktu setempat yang melaporkan Google Calendar pada pembaruan terbarunya di sistem operasi Android Nougat 7.1 menampilkan notifikasi bahwa layanan tidak bisa berjalan pada sistem operasi tersebut.

Advertisement

Adapun versi aplikasi dengan pembaruan tersebut memiliki kode v 2023.46.0-581792699 menampilkan pemberitahuan "UnsupportedOperatingSystem__enabled".

Besar kemungkinan dukungan layanan Google Calender di Android Nougat 7.1 dihentikan karena faktor keamanan.

Sistem operasi yang dirilis pada 2016 itu jelas sudah tidak lagi mendapatkan dukungan pembaruan keamanan dan tentunya lebih rentan terhadap serangan peretasan dengan dampak pengguna bisa saja kehilangan datanya.

BACA JUGA: Melayani Pembeli Pakai Jeriken, 4 SPBU di Gunungkidul Kena Sanksi

Dengan pertimbangan tersebut, bagi pengguna yang telah nyaman menggunakan Google Calendar maka pengguna disarankan meningkatkan sistem operasinya ke versi yang lebih tinggi seperti Android Oreo 8.0 atau versi lebih baru dengan mengganti perangkatnya.

Google juga sempat mengumumkan perubahan serupa di awal November ini untuk layanan Chrome di desktop dan Android.

Mereka menyebutkan bahwa Chrome versi 119 di Android akan menjadi versi terakhir yang didukung pada perangkat yang menjalankan Nougat dan versi lebih rendah. Selanjutnya untuk Chrome 120 di Android tidak lagi dapat digunakan di Android Nougat.

Langkah Google yang berhenti memberikan layanan Chrome dan Calendar di Android 7.1 mungkin saja bukan yang terakhir dan masih akan ada layanan yang tidak akan bisa melayani di kemudian hari.

Ada baiknya pengguna memilih untuk membeli perangkat baru yang saat ini variasi harganya juga sudah lebih terjangkau dan menawarkan pembaruan keamanan yang lebih andal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemudahan Keimigrasian bagi Jemaah Calon Haji Segera Hadir di Solo dan Surabaya

News
| Rabu, 28 Februari 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement