Advertisement

IIMS 2024 Geliatkan Pasar Otomotif di Tanah Air yang Sempat Lesu

Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra
Sabtu, 17 Februari 2024 - 20:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
IIMS 2024 Geliatkan Pasar Otomotif di Tanah Air yang Sempat Lesu Rombongan Presiden Joko Widodo, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang pada satu momen di IIMS 2024 - Bisnis/ Nuhansa Mikrefin YP

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pameran tahunan, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung pada 15-24 Februari 2024 menggeliatkan industry otomotif di Tanah Air. Pasalnya, pada awal tahun ini, penjualan domestik jeblok karenakan efek Pemilu hingga stagnasi pertumbuhan ekonomi.

Penjualan mobil secara domestik mengalami penurunan pada awal 2024 seiring melambatnya pertumbuhan perekonomian Indonesia. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo menunjukkan penjualan mobil domestik secara wholesales mencapai 69.619 unit pada Januari 2024, turun 26,1% dibandingkan Januari 2023 yang mencapai 94.270 unit. Sementara penjualan secara retail juga terbilang lesu dengan realisasi mencapai 78.214 unit pada Januari 2024, turun 13,9% dibandingkan Januari 2023 sebanyak 90.892 unit.

Advertisement

Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto mengatakan lesunya penjualan mobil domestik tak lepas dari efek melambatnya pertumbuhan perekonomian Indonesia. Menurutnya, para konsumen cenderung wait and see sebelum melakukan pembelian. Di tengah kelesuan pasar awal tahun itu, pelaku industri pun berharap gelaran pameran seperti IIMS 2024, bisa mengungkit kinerja penjualan. Terlebih lagi, lewat pameran bisa merangsang tingkat konsumsi masyarakat yang tadinya menahan pembelian. Sales & Marketing and After Sales Director HPM Yusak Billy mengatakan lesunya penjualan banyak dipengaruhi oleh masa kampanye Pemilu 2024 yang dilaksanakan pada awal tahun ini.

Baca Juga

Laris Manis! Penjualan Mobil Indonesia Tumbuh 7,3 Persen pada Februari 2023

Penjualan Mobil Sepanjang 2023 Turun 4 Persen, Ini Penyebabnya

Tak Sesuai Ekspektasi, Penjualan Suzuki di DIY Tahun Lalu Baru 86% dari Target

“Sebagian konsumen lebih banyak pertimbangan dan melihat perkembangan kondisi nasional sebelum melakukan pembelian mobil,” ujarnya dikutip dari Bisnis.com, Minggu (11/2/2024).

Meski demikian, Honda masih menaruh harapan besar pada pameran besar seperti IIMS 2024 untuk bisa mendongkrak penjualannya. Hal lain seperti program penjualan, dan penyegaran model dinilai dapat membantu minat beli konsumen untuk saat ini.  Honda bakal menghadirkan 16 unit display terdiri dari produk-produk andalannya saat IIMS 2024. Booth Honda terbagi menjadi empat zona, yaitu honda e: Technology, Honda e: HEV, Honda Sensing, dan Honda RS.  

Di satu sisi, Honda juga sedang melakukan pengaturan produksi, dan pengiriman unit yang disesuaikan dengan kondisi pasar otomotif saat ini. “Kami akan terus memonitor perkembangan kondisi pasar untuk menyesuaikan strategi kami kedepannya,” tuturnya.

Sebagaimana diungkapkan penyelenggara, IIMS 2024 ini diikuti sedikitnya 53 merek. Dari berbagai merek itu, diproyeksikan akan melemparkan berbagai produk anyar ke pasar, sehingga bisa membungkus target transaksi yang dipatok tembus Rp5,3 triliun. Sebaliknya, tidak hanya memompa transaksi, kehadiran IIMS 2024 pada awal tahun membuka babak baru bagi industri otomotif Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, terdapat merek anyar seperti VinFast yang langsung mengutus beberapa model mobil listrik untuk meramaikan pasar otomotif. Produsen mobil listrik asal Vietnam, VinFast resmi memperkenalkan produknya di Tanah Air. Sebanyak enam model pun ditampilkan saat gelaran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2024. CEO VinFast Indonesia Tran Quốc Huy mengatakan, perusahaan menghadirkan berbagai mobil listrik dengan harga mulai dari entry level hingga premium atau segmen A sampai C. Beberapa model pertama yang diluncurkan di Indonesia, antara lain VF 5, VF e34, VF 6, dan VF 7. “Kami yakin bahwa platform mobilitas listrik yang telah dikembangkan oleh VinFast secara komprehensif akan membuat kendaraan listrik lebih mudah diakses oleh seluruh pelanggan,” ujarnya di JIExpo Kemayoran, Kamis (15/2/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bus dengan Puluhan Penumpang Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto, Begini Kronologinya

News
| Rabu, 17 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement