Advertisement

Swift Pod, Mobil Otonom yang Memungkinkan Siapapun Melakukan Perjalanan Sambil Tidur

Lajeng Padmaratri
Senin, 22 April 2024 - 15:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Swift Pod, Mobil Otonom yang Memungkinkan Siapapun Melakukan Perjalanan Sambil Tidur Peter Stulz dari xoio meluncurkan konsep Swift Pod, yaitu mobil otonom berbentuk segitiga yang memungkinkan Anda dapat tidur saat bepergian. - The Sun

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Teknologi semakin berkembang untuk mempermudah hidup manusia. Bahkan, ada rancangan untuk menciptakan sebuah mobil otonom yang dapat mengantar penumpang semalaman saat mereka tidur.

Pernahkah Anda mempertimbangkan untuk tidur di dalam mobil yang bergerak? Mungkin tidak, tapi mobil otonom aneh yang dibuat untuk tidur ini mungkin akan membuat Anda berubah pikiran.

Advertisement

BACA JUGA: Lirik Lagu Fortnight Taylor Swift feat Post Malone dan Terjemahannya

Baru-baru ini, perancang mobil Peter Stulz dari xoio meluncurkan konsep Swift Pod, yaitu mobil otonom berbentuk segitiga dengan pod tidur, sehingga Anda dapat tidur saat bepergian.

Ini pada dasarnya adalah kamar hotel beroda tempat Anda dapat melakukan perjalanan tanpa ada yang mengemudi. Swift Pod dirancang agar penumpang dapat bersantai dan beristirahat sementara mobil secara otomatis mengantar mereka ke tujuan yang jauh.

Dilansir dari The Sun, Stulz menyatakan bahwa mobil otonom ini akan menawarkan konsep futuristik. "Kami memilih untuk tetap menggunakan bentuk segitiga yang ikonik untuk menekankan narasi masa depan transportasi multimoda,” ujar pernyataan tersebut.

Swift Pod dapat menampung hingga dua penumpang sekaligus. Penumpang dapat duduk tegak atau berbaring di dua tempat tidur single yang terletak di sudut kabin.

Seperti hotel, travel pod ini menyajikan sejumlah fasilitas lain sehingga penumpang tidak hanya dapat tidur, melainkan menjalankan aktivitas lainnya. Dengan adanya meja lipat di Swift Pod, penumpang bisa menikmati makan malam maupun bekerja hingga ikut Zoom meeting.

Tak ketinggalan, bagasi apa pun dapat disimpan di ruang di bawah tempat tidur dan kursi kendaraan.

Stulz mengatakan dia dan timnya bekerja tanpa kenal lelah untuk menciptakan sistem transportasi otonom yang dapat menggantikan perjalanan kereta api atau penerbangan semalaman. Bahkan nama mobil tersebut kabarnya terinspirasi dari burung yang bisa terbang sambil tidur.

BACA JUGA: Becak Listrik di Jogja, Baterai Tahan Lama, Disukai karena Tak Berisik

“Kami mencari cara yang berkelanjutan untuk melakukan perjalanan, dan karena kereta malam kesulitan untuk beroperasi secara hemat biaya, kami menyusun ide untuk mengisi kesenjangan tersebut di bidang transportasi individu dan otonom,” kata sang desainer.

Konsep travel pod futuristik juga mencakup sistem media hiburan yang komprehensif, serta ruang penyimpanan untuk menyimpan makanan dan minuman.

Stulz mengatakan timnya menjaga desain mobil tetap minimalis karena akan mengurangi kebisingan dan gangguan dari luar kabin.

Menurut situs resminya, Swift Pod dapat dipesan seperti taksi menggunakan aplikasi, dipesan untuk waktu dan tanggal tertentu sebelumnya. Kendaraan akan secara mandiri menghitung rute optimal ke tujuan pilihan penumpangnya.

Sistem otonom Swift Pod juga akan memberikan opsi bagi penumpang untuk memasukkan persinggahan dan jadwal istirahat dalam perjalanan.

Sistem berteknologi tinggi bahkan dapat menyarankan area istirahat dan persinggahan yang populer, seperti restoran lokal dan pusat pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : The Sun

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Wuih! Pria Ini Jelajahi Dunia dengan Motor Listrik

News
| Kamis, 30 Mei 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement