Advertisement

Ini Dia Dampak Buruk Penggunaan Smartwatch

Redaksi
Kamis, 30 Mei 2024 - 22:17 WIB
Arief Junianto
Ini Dia Dampak Buruk Penggunaan Smartwatch Ilustrasi smartwatch. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Teknologi kian berkembang lewat digitalisasi gadget. Salah satunya adalah munculnya jam tangan digital atau smartwatch yang dinilai menimbulkan banyak keuntungan dan efek samping terhadap penggunaan yang dilakukan secara sering.

Dilansir dari buyers-value.medium.com, smartwatch merupakan jam tangan yang diluncurkan untuk membantu aktivitas manusia, untuk menelpon, mengukur jarak, dan sebagainya.

Advertisement

Banyak masyarakat yang menggunakan smartwatch sebagai salah satu alat untuk membantu kegiatan bekerja, bersekolah, dan aktivitas lainnya. Kini, penggunaan smartwatch banyak ditemukan oleh kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Jika digunakan dalam momen tertentu, smartwatch tidak memiliki efek samping yang membahayakan.

Namun, jika digunakan secara sering, akan menimbulkan efek samping yang buruk bagi kesehatan.

Untuk mencegah hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait efek samping penggunaan smartwatch.

Ini dampak buruk akibat terlalu sering menggunakan smartwatch:

Efek blue light

Efek blue light yang terpancar dalam layar smartwatch menyebabkan para pengguna mengalami gangguan susah tidur, dan kerusakan pada mata akibat terlalu sering menatap layar.

Cahaya inframerah dari smartwatch bisa mengganggu aktivitas tidur para pengguna, dan membuat situasi menjadi gelisah.

Masalah pada memori

Masalah pada memori otak dapat terjadi ketika adanya gangguan yang disebabkan oleh efek kecanduan terhadap penggunaan smartwatch.

Penggunaan yang dilakukan secara terus menerus hingga larut malam, akan memicu insomnia dan kurangnya konsentrasi memori dalam otak manusia.

Gangguan fokus

Penggunaan smartwatch secara berlebihan akan menimbulkan hilangnya gangguan fokus pada manusia. Ketika seseorang memilih untuk menggunakan smartwatch maupun alat elektronik digital lainnya tanpa henti, hal ini akan berdampak buruk pada kepribadian dan hilangnya fokus dalam mengerjakan sesuatu.

BACA JUGA: Produk Turunan Sawit UMKM Jogja Dipamerkan di Acara Indonesia Plantation Watch 2024

Dampak buruk tersebut harus diwaspadai oleh banyak orang, termasuk para pelajar maupun pekerja yang selalu mengerjakan tugas setiap saat. Jika penggunaan smartwatch tidak dikontrol dengan baik akan berpengaruh besar terhadap perkembangan karier.

Tindakan sosial yang salah

Tindakan sosial yang salah mengacu pada perilaku manusia akibat adanya efek samping dari penggunaan smartwatch. Banyak temuan kasus yang terjadi ketika seseorang terlihat asik bermain smartwatch tanpa menyadari kondisi di lingkungan sekitar.

Akibatnya banyak orang yang merasa tidak dihargai keberadaanya, setelah melihat adanya dampak buruk dari penggunaan smartwatch.

Radiasi EMF

Electro Motive Force (EMF) merupakan gelombang radiasi elektromagnetik. Secara ilmiah, radiasi EMF berbentuk seperti sinar dan berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Jika radiasi EMF terpapar dalam tubuh Anda, maka risiko peningkatan terjadinya penyakit saraf pada manusia akan mengalami peningkatan secara fatal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Dampak Kerusakan Gempa di Bali Ditangani dengan Cepat

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement