Advertisement

Jajaran Laptop ASUS AI Hadir di Jogja, Salah Satunya Laptop dengan 2 Layar

Abdul Hamied Razak
Selasa, 04 Juni 2024 - 15:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Jajaran Laptop ASUS AI Hadir di Jogja, Salah Satunya Laptop dengan 2 Layar Riandanu Utomo, Technical Public Relation ASUS Indonesia (kiri) dan Muhammad Firman, Head of Public Relation ASUS Indonesia (kanan) saat memperkenalkan laptop terbaru Asus. Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—ASUS resmi memperkenalkan ASUS AI, jajaran laptop yang sudah dibekali dengan hardware dan fitur berbasis AI. Diperkenalkan di acara Media Roadshow 2024, ASUS AI tampil sebagai solusi yang akan mempermudah masyarakat Indonesia dalam memilih laptop AI.

“Semua laptop yang memiliki logo ASUS AI dipastikan hadir sebagai laptop AI, sehingga masyarakat Indonesia tidak akan kesulitan saat mencari laptop AI,” ujar Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director dikutip Selasa (4/6/2024).

Advertisement

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Laptop MSI Terjangkau di Bawah Rp15 Juta, Lebih Murah dengan Ramadan Deals

“ASUS AI merupakan bentuk komitmen ASUS dalam menghadirkan inovasi teknologi laptop terdepan. Bahkan hingga saat ini, ASUS merupakan satu-satunya brand laptop yang konsisten menghadirkan jajaran laptop AI serta memiliki portofolio produk paling lengkap," katanya.

Laptop dengan logo ASUS AI dipastikan tampil sebagai laptop AI. Artinya, laptop tersebut dibekali software dan hardware berbasis AI. Ia juga dipastikan hadir dengan NPU atau Neural Processing Unit yang merupakan chip khusus yang membuat pemrosesan AI menjadi jauh lebih efisien.

Hadir dengan sistem operasi Windows 11 Home, jajaran laptop terbaru ASUS AI juga merupakan laptop berfitur Copilot untuk dukungan AI. Copilot di Windows 11 melengkapi keahlian dan kreativitas Anda dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan.

Paling Inovatif

ASUS AI hadir sebagai solusi sekaligus standar laptop AI. Memilih laptop dengan logo ASUS AI berarti memilih laptop AI yang sebenarnya. Untuk dapat masuk kedalam kategori ASUS AI, sebuah laptop harus memenuhi berbagai persyaratan.

BACA JUGA: Sederet Laptop Gaming RTX 40 Series Termurah, Cari Diskonnya di MSI New Year Sale

Beberapa di antaranya adalah laptop tersebut harus dibekali dengan prosesor yang sudah memiliki NPU. Hal tersebut sangat penting karena keberadaan NPU akan membantu pemrosesan AI di laptop menjadi lebih efisien. Laptop tersebut harus dibekali dengan Windows 11 dan kompatibel dengan fitur Copilot.

"Dukungan Windows 11 dan Copilot menjadi salah satu basis persyaratan ASUS AI, yang mana keduanya akan menghadirkan pengalaman penggunaan AI secara maksimal. ASUS juga akan menghadirkan aplikasi dan fitur berbasis AI khusus untuk laptop ASUS AI dalam waktu dekat untuk memperkuat eksosistemnya," jelasnya.

Laptop AI dengan layar ganda misalnya, terdapat di Zenbook DUO (UX8406). Zenbook DUO (UX8406) merupakan satu-satunya AI laptop dengan dua layar yang ada saat ini. Zenbook DUO (UX8406) bukan sekadar laptop dengan dua layar biasa.

"Laptop yang juga dinobatkan sebagai Honoree di ajang CES 2024 Innovation Awards ini punya lima skeanrio penggunaan, membuatnya sangat fleksibel untuk berbagai aktivitas," katanya.

Zenbook DUO (UX8406) juga merupakan laptop yang powerful. Ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series yang di dalamnya sudah dibekali Intel® AI Boost NPU dan chip grafis Intel® Arc™, sehingga perangkat ini juga tampil sebagai laptop ASUS AI. Laptop ini dihargai mulai dari Rp34.999.000.

Sementara Zenbook S 13 OLED (UX5304) merupakan AI laptop paling tipis, ringan, dan ringkas. Selain memiliki bobot hanya 1 kg, Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series dan didukung Windows 11 serta Copilot, sehingga laptop ini juga merupakan laptop ASUS AI yang paling portabel.

Keunikan lain yang dimiliki oleh Zenbook S 13 OLED (UX5304) adalah material yang digunakannya. Bagian belakang layar laptop ini dibuat menggunakan bahan Plasma Ceramic Aluminium yang diproses secara khusus. Kelebihannya adalah bahan tersebut tidak melibatkan cairan kimia sama sekali, sehingga sangat ramah terhadap lingkungan.

Hal tersebut diperkuat dengan berbagai sertifikasi ramah lingkungan yang dinobatkan untuk Zenbook S 13 OLED (UX5304). Di Indonesia, laptop ini dipasarkan mulai dari harga Rp24.999.000.

Terakhir adalah Zenbook 14 OLED (UX3405) yang merupakan laptop AI pertama di Indonesia. Zenbook 14 OLED (UX3405) merupakan laptop tipis pertama dari ASUS yang dibekali prosesor Intel® Core™ Ultra Series, yaitu prosesor generasi terbaru yang telah ditenagai oleh AI dan dapat mengakomodasi pemrosesan aplikasi berbasis AI secara lebih optimal dan hemat daya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gadai Emas 3,5 Gram di Pegadaian Bisa Langsung Daftar Haji

News
| Jum'at, 21 Juni 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja, Pasar Beringharjo Gudangnya Makanan Legendaris

Wisata
| Selasa, 18 Juni 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement