Advertisement

20 Tahun MSI: Berhasil Tumbuh Berkat Inovasi, Siap Hadapi Revolusi AI

Media Digital
Kamis, 01 Agustus 2024 - 17:32 WIB
Sunartono
20 Tahun MSI: Berhasil Tumbuh Berkat Inovasi, Siap Hadapi Revolusi AI Perangkat gaming terkemuka, MSI kini memperingati ulang tahun ke-20. MSI telah mengalami pertumbuhannya sangat pesat dan fokusnya yang kuat terhadap inovasi di industri laptop. - Istimewa.

Advertisement

JOGJA—Sebuah jenama perangkat gaming terkemuka, MSI kini memperingati ulang tahun ke-20. MSI telah mengalami pertumbuhannya sangat pesat dan fokusnya yang kuat terhadap inovasi di industri laptop.

Meskipun terjadi penurunan pada pasar laptop global, namun MSI mampu melawan tren tersebut. MSI justru mengalami peningkatan pasar. Kesuksesan ini tak lepas dengan wawasan pasar yang tajam, strategi produk yang agresif dan komitmen untuk menghadirkan teknologi terkini.

Advertisement

BACA JUGA : Rayakan Anniversary 20 Tahun, MSI Bagikan Promo

Dalam sesi wawancara eksklusif, pimpinan MSI membagikan wawasannya mengenai kesuksesan dan rencana perusahaan ke depannya:

Pertumbuhan Pasar dan Melawan Hambatan

Ralph Wang, MSI NB Sales and Marketing Director of Indonesia mengatakan meskipun pasar laptop global mengalami penurunan 10.8% pada tahun 2023, MSI tetap berhasil tumbuh. Ralph mengatkan kesuksesan ini dapat terjadi karena sejumlah hal. Di antaranya penyesuaian waktu produksi yang tepat dan manajemen inventaris yang efektif.

Selain itu, kampanye marketing yang komprehensif dan kemitraan dengan partner channel. Pengiriman yang gesit untuk laptop generasi terbaru ke pasaran. Hingga kemitraan yang strategis, seperti Mercedes-AMG Motorsport, CAPCOM Monster Hunter, memperluas jangkauan MSI ke audiens lain.

 "Eksekusi yang luar biasa dari tim kami dan strategi penjualan yang fleksibel telah menjadi kunci dalam menghadapi kondisi pasar yang menantang,” kata Ralph.

Menghadapi Revolusi AI

Seiring dunia teknologi bergerak menuju komputasi yang terintegrasi dengan AI, MSI menempatkan dirinya di garis depan revolusi ini. MSI sedang mengembangkan pendekatan “AI + PC”, yang berfokus untuk membuat AI mudah diakses oleh pengguna melalui kombinasi perangkat yang canggih dan software yang intuitif.

"Kami tidak hanya menciptakan perangkat yang kuat; kami membawa kemudahan AI sebagai bagian dalam kehidupan sehari-hari pengguna kami,” ujar Ralph.

MSI telah meluncurkan aplikasi cerdas seperti MSI AI ARTIST dan MSI AI ENGINE. Ke depan akan lebih mengintegrasikan kemampuan AI di seluruh lini produknya.

Inovasi sebagai Inti

Ia mengatakan MSI memiliki komitmen terhadap inovasi tetap kuat saat perusahaan memasuki dekade ketiga dalam produksi laptop. Strategi perusahaan berfokus pada tiga prinsip inti.

"Yaitu, memahami apa yang dibutuhkan oleh pengguna kami dan menciptakan produk yang mereka inginkan telah mengubah pola pikir R&D kami. Kami tidak hanya merakit komponen-komponen; kami merancang masa depan komputasi.”

MSI Tampil Berbeda

MSI telah menempatkan dirinya sebagai pemimpin industri laptop melalui beberapa kunci utama:

1. Merek Terbaik di Mata Konsumen: Selama empat tahun berturut-turut, MSI dinilai sebagai merek laptop terbaik oleh para pengguna di PC Mag. Peluncuran produk barunya selalu menerima pujian dari media.

2. Performa Ekstrim: Komitmen MSI terhadap kualitas didukung oleh R&D yang solid dan keahlian manufaktur. Sejak 1986, MSI telah menangani R&D dan produksinya sendiri, memungkinkan kontrol yang lebih baik terhadap kualitas produk dan kemampuan untuk merespon kebutuhan konsumen dengan cepat.

3. Performa Kuat dan Stabil: MSI berfokus dalam menghadirkan performa yang "lengkap", memastikan output yang stabil dan berkelanjutan bahkan selama penggunaan yang lama. Ini berarti pengguna mendapatkan potensi penuh dari komponen seperti GPU RTX 4060 tanpa penurunan performa.

4. Teknologi Inovatif: MSI menawarkan fitur eksklusif dan pertama di jenisnya, sering kali menghadirkan teknologi terbaru ke pasar bertahun-tahun lebih awal daripada pesaing karena kerjasama erat dengan produsen utama.

5. Estetika Mewah: Laptop MSI telah memenangkan berbagai penghargaan desain dan berkolaborasi dengan merek lain, menunjukkan potensi laptop berperforma tinggi di berbagai industri. Kolaborasi terkenal seperti Creator Z16 Hiroshi Fujiwara dan Stealth Mercedes-AMG Motorsport.

MSI Notebook Division, Regional Sales Manager Steven Yang menekankan posisi unik perusahaan. Ia menegaskan MSI memiliki komtimen yang tak tergoyahkan untuk mendorong batas teknologi laptop.

"Kami tidak hanya mengikuti tren; kami menciptakannya. Fokus kami pada performa ekstrem, fitur inovatif, dan kolaborasi dengan merek premium memungkinkan kami menawarkan pengalaman komputasi yang benar-benar tak tertandingi di pasar," ujarnya.

Rencana ke Depan

Saat merayakan ulang tahun ke-20, MSI meluncurkan serangkaian kegiatan promosi global dan produk edisi khusus. MSI telah dinobatkan sebagai merek laptop terbaik di PC Mag selama empat tahun berturut-turut, sebagai bukti komitmennya terhadap kualitas dan inovasi.

BACA JUGA : Beli Laptop Baru dengan Spek Monster di Promosi MSI

"20 tahun ke depan akan lebih menarik. Kami berkomitmen untuk mendorong segala batasan atas apa yang mungkin terjadi dalam teknologi laptop, selalu dengan kebutuhan pengguna kami di garis depan inovasi kami," kata Ralph.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BPK Endus Sejumlah Masalah Penting dalam Izin Tambang Minerba

News
| Kamis, 19 September 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement