Advertisement

Dukung Talenta Digital Melalui Pendayagunaan AI, Nvidia Hadirkan GeForce RTX AI PC

Abdul Hamied Razak
Rabu, 02 Oktober 2024 - 08:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Dukung Talenta Digital Melalui Pendayagunaan AI, Nvidia Hadirkan GeForce RTX AI PC Lokakarya bertajuk "Nvidia Powers the Worlds AI. And Yours" yang diikuti berbagai talenta digital di Universitas Atmajaya Yogyakarta, Selasa (1/10 - 2024). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Nvidia mengungkap keunggulan-keunggulan GeForce RTX™ AI PC pada gelaran lokakarya bertajuk "Nvidia Powers the World’s AI. And Yours" yang diikuti berbagai talenta digital di Universitas Atmajaya Yogyakarta dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Pemimpin dunia di bidang teknologi terdepan komputasi grafis dan kecerdasan artifisial (AI) ini menampilkan pengalaman-pengalaman imersif. Teknologi ini mampu dihadirkan oleh perangkat komputasi yang diperkuat teknologi RTX untuk kecanggihan AI di berbagai produktivitas dan kreativitas dunia pendidikan, gaming, kreasi konten digital, hingga riset dan pengembangan.

Advertisement

GeForce RTX™ AI PC memanfaatkan Tensor Cores, yang merupakan akselerator AI khusus pada semua GPU GeForce RTX, dalam berbagai bidang, seperti gaming, pembuatan konten, riset dan pengembangan, dan STEM (Science, Technology, Engineering, Math). Kekuatan komputasi ini diperlukan untuk mengoptimalkan potensi penuh dari kemampuan serta kecanggihan AI.

BACA JUGA: Perangkat Terbaik untuk Era AI dalam Komputasi: Cara Memilih Laptop AI Anda

GeForce RTX™ dan GPU Nvidia RTX menghadirkan performa komputasi yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi, game, dan model AI terbaru. GPU ini mampu mempercepat lebih dari 600 game dan aplikasi yang mendukung AI.

GPU ini telah menjadi andalan dalam mengoptimalkan beragam produktivitas, kreativitas hingga pengembangan-pengembangan dan inovasi, terbukti lebih dari 100 juta unit Kartu Grafis GeForce RTX™ dan Nvidia RTX telah digunakan di seluruh dunia.

Memahami kebutuhan dan animo pengguna untuk mengoptimalkan potensi dan peluang di era digital ini, Nvidia bersama para mitra, termasuk ELS.ID, menghadirkan rangkaian lengkap PC dan laptop GeForce RTX™ X 40 Series. Hal ini dirancang untuk optimalisasi produktivitas dan performa para pelajar/mahasiswa, gamer, kreator konten digital dan profesional yang mendambakan perangkat komputasi dengan kemampuan pemrosesan AI yang luar biasa.

Sebagai bagian dari tur Nvidia di Jogja ini, beberapa PC dan laptop bertenaga GeForce RTX™ dihadirkan untuk menyuguhkan kemampuan pemrosesan AI yang ditingkatkan untuk gaming, kreativitas, dan produktivitas.

Bagaimana sistem berbasis GeForce RTX™ AI dirancang untuk unggul dalam gaming, pembuatan konten, dan produktivitas, memberikan akses ke teknologi terkini?Demo showcase berbasis AI RTX antara lain meliputi:

ComfyUI dengan Generasi Gambar 10X Lebih Cepat

ComfyUI adalah salah satu aplikasi Stable Diffusion yang paling populer. Aplikasi ini sangat diminati di kalangan pengguna tingkat lanjut karena fleksibilitasnya untuk berbagai alur kerja. Demo ini menunjukkan fleksibilitas tersebut, memungkinkan peserta untuk mengubah selfie yang diambil secara langsung menjadi berbagai representasi superhero dari diri mereka sendiri.

Ini terjadi dalam hitungan detik berkat akselerasi RTX untuk Stable Diffusion, yang dapat terlihat di seluruh alur kerja melalui TensorRT (ditambahkan baru-baru ini di Computex) dan pengaktifan alat AI open-source.

ChatRTX: Chatbot AI Personal

ChatRTX adalah aplikasi demo yang memungkinkan Anda mempersonalisasi model bahasa besar (LLM) GPT yang terhubung ke konten Anda sendiri—dokumen, catatan, gambar, atau data lainnya. Dengan memanfaatkan retrieval-augmented generation (RAG), TensorRT-LLM, dan akselerasi RTX, Anda dapat mengajukan pertanyaan ke chatbot kustom untuk mendapatkan jawaban yang relevan secara kontekstual dengan cepat.

Dan karena semuanya berjalan secara lokal di PC atau workstation Windows RTX Anda, Anda akan mendapatkan hasil yang cepat dan aman.

Nvidia Broadcast

Aplikasi Nvidia Broadcast mengubah ruangan mana pun menjadi studio rumah. Tingkatkan kualitas livestream, obrolan suara, dan panggilan konferensi video dengan suara dan video yang ditingkatkan oleh AI.

Nvidia Canvas

Gunakan AI untuk mengubah goresan kuas sederhana menjadi gambar lanskap yang realistis. Buat latar belakang dengan cepat atau percepat eksplorasi konsep pengguna, sehingga pengguna bisa lebih banyak waktu untuk memvisualisasikan ide-ide.

BACA JUGA: AI dalam Segala Hal: Apakah PC AI Hanya Sebuah Gimmick atau Game-Changer?

Adrian Lesmono, Consumer Business Lead Nvidia Indonesia mengaku bangga dapat menghadirkan teknologi canggih berbasis AI ini kepada masyarakat Jogja yang merupakan salah satu ikon kota kreatif dan pusat budaya di Indonesia. "Komputer ini yang dapat dioptimalkan untuk membantu mendorong perkembangan di berbagai sektor seperti gaming, pembuatan konten, dan ekonomi kreatif. Kami berharap bahwa kehadiran GeForce RTX™ AI PC akan memberikan dampak signifikan bagi mahasiswa dan kalangan akademisi, pelaku ekonomi kreatif, serta berbagai industri lainnya di Indonesia," katanya dikutip Rabu (2/10/2024).

Pengenalan GeForce RTX™ AI PC dan pembahasan mengenai potensi besar pemanfaatan dan dampak positif AI untuk mengakselerasi dan mengoptimalisasi produktivitas dan kreativitas di era digital mendapatkan sambutan positif dari pihak Universitas Atmajaya Yogyakarta.

“Edukasi dan transfer pengetahuan yang dilakukan Nvidia di kampus-kampus sangat positif dalam meningkatkan literasi pengajar maupun mahasiswa, dan bermanfaat dalam membuka cakrawala mereka terhadap penguasaan teknologi canggih seperti AI untuk mengantisipasi besarnya peluang di masa depan," ujar ahli komputer yang juga akademisi UAJY Prof. Pranowo.

"Terhadap pemanfaatan AI, kami menegaskan bahwa penguasaan SDM terhadap AI menjadi kunci agar SDM mampu untuk terus mengembangkan kompetensinya, selain faktor lain seperti etika penggunaan AI yang harus dijunjung tinggi,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Anjas Maradita, Content Creator & Corporate AI Consultant menyampaikan bahwa selain penguasaan berbagai kalangan terhadap AI, kunci strategis lainnya adalah pentingnya melakukan penajaman ketika melakukan pemanfaatan terhadap AI agar hasilnya makin akurat. "Saya meyakini bahwa pemanfaatan AI secara optimal telah terbukti mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas secara signifikan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Komitmen Zero Burning Practices Bawa KLHK Raih Penghargaan Peringkat I Green Eurasia 2024

News
| Rabu, 02 Oktober 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Ketinggian Puncak Gunung Everest Bertambah, Ini Penjelasannya

Wisata
| Selasa, 01 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement