Advertisement

Mulai 27 September, Android Versi Lama Tidak Bisa Dipakai Membuka Gmail dan YouTube

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 25 September 2021 - 16:47 WIB
Budi Cahyana
Mulai 27 September, Android Versi Lama Tidak Bisa Dipakai Membuka Gmail dan YouTube Google

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Aplikasi Gmail, Google Kalender, Google Maps, dan YouTube tidak akan bisa dibuka pada beberapa smartphone Android lama mulai 27 September. 

Dilansir dari Express, Google telah mengonfirmasi rencana untuk memblokir pengguna agar tidak masuk dengan akun Google mereka di perangkat ini. Ini akan menyebabkan banyak aplikasi populer, dari Google Maps hingga YouTube, berhenti bekerja. 

Advertisement

Smartphone dengan versi Android 2.3 akan terpengaruh oleh perubahan terbaru. Sistem operasi yang diluncurkan di bawah merek "Gingerbread" itu pertama kali diluncurkan pada Desember 2010.

Google mengatakan langkah itu untuk meningkatkan keamanan pengguna.

Salah satu tanda jika akun Google diblokir Google yakni jika pada akhir bulan ini, Anda mencoba masuk ke perangkat Android, maka akan menerima notifikasi seperti kesalahan nama pengguna dan kata sandi meskipun detail yang mereka masukkan sudah benar.

Sejumlah aplikasi populer buatan Google lainnya yang mengandalkan akun Google, termasuk YouTube, Google Play Store, Google Maps, Gmail, Google Kalender, dan lainnya, juga akan berhenti berfungsi.

Untuk terus menggunakan aplikasi ini, Anda harus memutakhirkan ponsel ke Android 3.0. Namun, karena tidak semua perangkat yang menjalankan Android 2.3 dapat melakukan upgrade ke versi sistem operasi berikutnya, beberapa pengguna tidak akan pernah dapat menggunakan aplikasi ini lagi. Jika Anda tidak dapat meningkatkan ke perangkat baru, Google memang menawarkan solusi yaitu dengan menggunakan browser web di Android, beberapa layanan Google ini dapat diakses. Namun, aplikasi akan diblokir secara permanen di ponsel Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement