Advertisement

Ini Alasan Spooring dan Balancing Mobil Harus Rutin Dilakukan

Khadijah Shahnaz
Selasa, 30 November 2021 - 16:27 WIB
Sunartono
Ini Alasan Spooring dan Balancing Mobil Harus Rutin Dilakukan Performa mobil menentukan keaandalannya saat dipakai menyalip kendaraan lain. - Auto2000

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Dalam merawat mobil, spooring balancing termasuk prosedur yang tidak boleh dilewatkan. 

Spooring balancing merupakan bentuk perawatan yang berkaitan dengan kaki-kaki mobil bagian kanan dan kiri. Spooring dan balancing wajib dilakukan secara rutin agar performa mobil tetap prima dan memberikan kenyamanan saat berkendara. 

Advertisement

Walaupun sama-sama berkaitan dengan kaki-kaki mobil, sebenarnya spooring dan balancing adalah dua perawatab terpisah untuk mobil. Spooring adalah perawatan mobil berupa penyesuaian kedudukan roda-roda mobil agar sama dengan setelan pabrik.

Pasalnya, penggunaan mobil secara terus-menerus memang bisa mengubah kedudukan roda-roda mobil, terutama dua roda bagian depan.

BACA JUGA : Cara Cek Ban Mobil Jelang Musim Hujan, Ikuti 6 Panduan

Sebaliknya, balancing adalah perawatan mobil berupa penyesuaian berat keseluruhan roda mobil. Namun, berat yang dimaksud disini berbeda dari tekanan gas pada roda, melainkan lebih pada bagian pelek mobil.

Untuk menyamakan berat pelek, biasanya teknisi akan menambahkan besi kecil (kadang timah). Dengan begitu, berat pelek depan-belakang dan kanan-kiri pun akan seimbang. Saat digunakan, mobil bisa terasa lebih stabil.

Dilansir dari Auto2000, berikut beberapa alasan mengapa spooring dan balancing rutin dilakukan: 

  • Menghindari setir bergetar

Setir mobil yang tidak pernah mendapat perawatan spooring akan bergetar, terutama saat mobil dipacu di jalanan lurus dengan kecepatan lebih dari 60 km/jam. Kondisi ini tentu akan membahayakan karena dapat memecah konsentrasi. Saat merasakan hal ini, konsumen segera membawa mobil untuk melakukan perawatan spooring.

  •  Agar kontrol mobil lebih baik

Apakah Anda pernah merasa mobil berjalan tidak sesuai arah kemudi? Jika jawaban Anda iya, maka segera lakukan spooring. Arah mobil yang susah dikontrol adalah tanda adanya gangguan pada kaki mobil. Dengan spooring, kaki-kaki mobil akan diperbaiki sehingga kontrol kemudi kembali pada kondisi semula.

  • Mencegah kerusakan pada komponen kaki-kaki mobil

Melakukan perawatan mobil secara rutin adalah langkah preventif yang paling efektif, begitu pula dengan spooring dan balancing. Dengan melakukan dua perawatan ini, Anda sudah mengurangi risiko kerusakan pada komponen kaki-kaki mobil. Komponen mobil yang baik akan membuat mobil senantiasa dalam performa prima.

  • Berkendara lebih aman

Spooring dan balancing juga akan membantu Anda untuk berkendara lebih aman. Dengan balancing, mobil akan terasa lebih stabil saat dikendarai. Mobil yang stabil akan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan di jalan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement