Advertisement

Tips Bikin Laptop Awet

Jumali
Senin, 07 Maret 2022 - 06:47 WIB
Jumali
Tips Bikin Laptop Awet Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Setiap orang pasti ingin laptop yang dimilikinya awet dan mampu bekerja optimal. Hanya saja, tidak semua orang paham, jika sejumlah kebiasaan kecil justru membuat laptop mereka tidak berumur panjang.

Berikut hal yang tidak boleh dilakukan pada laptop, jika ingin laptop awet.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

1. Hindari Penggunaan Laptop Terlalu Lama

Saat Anda menggunakan laptop lebih dari 3 jam, sebaiknya Anda memberikan waktu jeda kepada laptop buat istirahat sekitar 30 menit.

Hal itu dilakukan agar laptop tidak mengalami overheat dan beban kerja yang berlebihan. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan mesin pendingin eksternal atau coolpad.

2. Jangan Membuat Partisi

Partisi kadang justru menyebabkan masalah baru, seperti Windows Corrupt yang membuat program komputer rusak dan tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

3. Jangan Meletakkan Barang Berat di Atas Laptop

Kebiasaan ini sering dianggap sepele oleh kita sebagai pengguna. Padahal akibatnya bisa fatal, seperti mengakibatkan kerusakan pada layar dan komponen lainnya.

4. Jangan Letakkan Laptop di Atas Kasur

Mletakkan laptop di atas kain atas kasur adalah tindakan yang keliru. Sebab, menyebabkan saluran ventilasi laptop yang terletak di bagian bawah tertutup sehingga suhu perangkat semakin panas, dan bisa menyebabkan laptop berat dan lemot.

5. Hindari Penumpukkan Debu di Keyboard

Jangan sampai debu menumpuk dan masuk ke tuts keyboard yang mengakibatkan tombol tidak dapat berfungsi dengan baik. Jika hal ini terus dilakukan maka laptop akan cepat overheat.

6. Jangan Sampai Baterai 0%

Jika sering membiarkan baterai laptop benar-benar habis sampai 0%, usia baterai diperkirakan tak akan bertahan lebih lama.

7. Jangan Pernah Melepas Baterai

Kerap terjadi orang-orang melepas baterai laptop dan hanya mengandalkan charger saja sebagai satu-satunya sumber daya. Namun ini sangat tidak disarankan. Sebab, apabila rumah Anda mendadak mati listrik, maka hal tersebut berisiko membuat data hilang sampai mengakibatkan hardisk Anda terkena badsector.

8. Hindari Makan dan Minum di Dekat Laptop

Sebab, cairan dan makanan tidak sengaja tumpah dan mengenai keyboard dan masuk ke dalam komponen.

9. Jangan Pakai Software Bajakan

Software bajakan biasanya disematkan program pihak ketiga atau crack yang berpotensi membawa malware atau virus. Sebab, crack tidak bisa berjalan apabila antivirus komputer menyala.

10. Jangan Paksa Jalankan Aplikasi atau Game Berat

Jangan pernah coba-coba memasang dan menjalankan aplikasi atau game yang berat. Sebab, akan membuat beban kerja laptop makin berat dan cepat panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Penyebab Kasus Pencucian Uang Tahun 2022 Naik Signifikan

News
| Minggu, 29 Januari 2023, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement