Advertisement

China Akan Buat Teleskop yang Mencakup 30 Kali Ukuran Bumi

Robby Fathan
Jum'at, 01 April 2022 - 23:27 WIB
Budi Cahyana
China Akan Buat Teleskop yang Mencakup 30 Kali Ukuran Bumi Ilustrasi satelit Jason-3 - NASA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - China segera memiliki observatorium bulan yang akan membentuk bagian dari teleskop radio yang akan melingkupi area seluas 30 kali ukuran Bumi.

Infrastruktur yang belum pernah ada sebelumnya itu, menurut mereka bisa siap dalam waktu sekitar dua tahun, akan dibangun dalam dua tahap. Pertama, satelit relai komunikasi untuk misi China Chang'e 7 akan diluncurkan dan diubah menjadi observatorium bulan yang mengorbit.

Advertisement

Sejumlah observatorium di Bumi kemudian akan bergabung membentuk jaringan antena raksasa, secara teknis setara dengan teleskop radio dengan lebar hampir 400.000 km (250.000 mil). Sebagai perbandingan, teleskop piringan tunggal terbesar di dunia adalah Teleskop radio Spherical Aperture Spherical (FAST) China.

Interferometri garis dasar ruang yang sangat panjang, diperkirakan akan diluncurkan sebelum 2025, akan menjadi fasilitas terbesar yang pernah dibuat untuk observasi astronomi, menurut para peneliti.

“Ini dapat menghasilkan gambar dari beberapa fenomena langit penting seperti lubang hitam dan lensa gravitasi dengan resolusi yang belum pernah terjadi sebelumnya di pita sinar-X,” kata seorang ilmuwan proyek yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena dia tidak berwenang untuk berbicara kepada media dilansir dari SCMP.

Secara teori, teleskop yang membentang dari Bumi ke bulan bisa menangkap aksi dalam pertandingan bisbol di Mars. Semakin besar jarak antara dua observatorium, semakin tinggi resolusi gambar.

Menggabungkan beberapa teleskop kecil untuk membentuk teleskop besar yang dikenal sebagai very long baseline interferometry (VLBI)  ditemukan pada 1950-an.

Saat mempelajari galaksi yang jauh, astronom Universitas Cambridge Martin Ryle dan Antony Hewish memperhatikan bahwa sinyal radio yang sama dapat diambil oleh observatorium yang berbeda pada waktu yang berbeda.

Jika data pengamatan dari situs-situs ini dikoordinasikan secara tepat dan dianalisis bersama, para astronom dapat memperoleh gambar dengan resolusi yang jauh lebih tinggi daripada yang dicapai oleh satu observatorium. Ryle dan Hewish berbagi Hadiah Nobel dalam Fisika pada tahun 1974 untuk penemuan mereka.

Gambar lubang hitam pertama dihasilkan pada tahun 2019 oleh Event Horizon Telescope  jaringan VLBI yang menggunakan observatorium di seluruh dunia untuk secara efektif membuat diameter seukuran Bumi.

Rusia dan Jepang masing-masing telah meluncurkan satelit untuk memperluas skala pengamatan VLBI di luar Bumi, tetapi tidak mencapai sejauh bulan.

Ada beberapa tanda tanya, atas kelayakan proyek China tersebut. Agar dapat beroperasi seperti teleskop tunggal, data yang dikumpulkan di lokasi yang berbeda harus diatur waktunya secara akurat. Ini membutuhkan jam atom yang dikenal sebagai hidrogen maser yang dapat bekerja untuk waktu yang lama dengan stabilitas yang sangat tinggi.

Tapi kendala ukuran dan berat berarti ketepatan jam hidrogen di satelit cenderung kurang dari mesin yang lebih besar di Bumi, biasanya dengan urutan besarnya. Tidak pasti bahwa observatorium kecil dan jauh di orbit bulan dapat tetap sinkron.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kubu Anies & Ganjar Minta MK Panggil Sejumlah Menteri, Kubu Prabowo Ajukan Megawati

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement