Advertisement

Cek Hal Ini Jika Lampu Motor Kadang Nyala Kadang Mati

Jumali
Selasa, 12 April 2022 - 03:17 WIB
Jumali
Cek Hal Ini Jika Lampu Motor Kadang Nyala Kadang Mati Seorang warga mencuci sepeda motor milik pelanggannya di Nglajur, Delanggu, Klaten, Rabu (4/3/2020). - Ponco Suseno/Solopos

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Para pengguna kendaraan roda dua terkadang mengalami hal yang sangat menjengkelkan terkait dengan lampu motor mereka. Di mana, lampu motor kadang nyala kadang mati. Padahal, lampu adalah komponen yang sangat penting dari motor, utamanya bagi Anda yang sering bepergian di malam hari.

Berikut penyebab dan hal yang bisa Anda lakukan saat lampu nyala dan mati sendiri :

Advertisement

- Usia pakai

Jika bohlam lampu depan Anda sudah masuk usia tiga tahun, ada baiknya Anda ganti. Ini dilakukan untuk mencegah agar lampu tidak nyala dan mati sendiri. Sebab, usia pakai dari bohlam hanya bertahan tiga tahun.

- Korsleting

Penyebab lampu motor kadang nyala kadang mati adalah terjadinya korsleting. Pastikan kabel disusun secara rapi setelah dipasang atau diperbaiki. Sehingga kabel tidak terlepas.

- Reflektor

Penyebab lampu motor kadang nyala kadang mati bisa dikarenakan rembesan air di reflektor. Anda seharusnya mengecek apakah pemasangan fitting lampu sudah benar dan rapat. Apabila ada rembesan air atau kotoran sebaiknya segera dibersihkan.

- Aki Motor

Rusaknya aki seperti sudah tidak dapat lagi menyimpan daya atau kemampuannya berkurang bisa mempengaruhi kondisi lampu motor.

- Relay kotor

Penyebab lampu motor kadang nyala kadang mati lainnya adalah relay yang kotor. Komponen relay ini merupakan bagian dari sekring yang akan menghubungkan daya listrik dengan arus kecil ke bohlam supaya bisa menyala.

- Karat

Munculnya karat di saklar akan membuat lampu sulit dinyalakan. Apabila karat sudah dibersihkan tapi lampu tidak bisa menyala maka perlu dibongkar dan diganti yang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anggaran Pupuk Bersubsidi Sentuh Rp54 Triliun, Mentan: Awasi Distribusinya

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement