Advertisement

Inilah Penyebab Pecah Ban di Jalan

Jumali
Minggu, 29 Mei 2022 - 05:47 WIB
Jumali
Inilah Penyebab Pecah Ban di Jalan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJABan menjadi komponen yang vital, tidak hanya bagi mobil tapi juga sepeda motor. Selain berkaitan dengan kenyamanan, ban juga berkaitan dengan keselamatan pengguna kendaraan. Oleh karena itu, Anda harus waspada terkait dengan kemungkinan pecah ban di jalan.

Berikut penyebab pecah ban di jalan :

Advertisement

- Lubang di jalan

Keberadaan lubang di jalan sangat berbahaya. Sebab, menjadi pemicu pecah ban. Terlebih lagi jika dilalui dengan kecepatan tinggi sehingga menimbulkan benturan keras. Oleh karena itu, kurangi kecepatan ketika melewati lubang. Jalankan mobil pelan-pelan supaya ban tidak pecah.

- Tambalan ban yang buruk

Tambalan ban yang buruk dapat juga memicu pecah ban. Banyak yang tidak menyadarinya dan mengira semua baik-baik saja. Padahal, tambalan ban, terutama ban tubeless yang ditambal dengan memperlebar lubang di ban yang bocor bisa membuat kawat baja di dalam ban putus.

- Tekanan ban yang tidak tepat

Ban diharuskan selalu mempunyai tekanan yang sesuai rekomendasi. Sebab, tekanan yang tidak tepat kerap menjadi awal ban pecah di jalan. Ketika tekanan ban kurang, kawat baja menjadi mudah putus. Saat hal tersebut terjadi, risiko ban pecah di jalan sangat besar.

- Kerikil di ban

Keberadaan kerikil atau kotoran di sela-sela ban akan membuat risiko pecah ban meningkat. Sebab, kerikil bisa menggores tapak atau kembangan ban. Jika itu terjadi, lambat laun air dan kotoran bisa masuk ke dalam ban. Ini nanti dapat memicu korosi. Pada akhirnya, korosi dapat membuat serat baja di ban mudah putus. Kalau itu terjadi, ban bisa pecah ketika digunakan melaju di jalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement