Advertisement

Sudah Daftar di Kemenkominfo, Akhirnya Facebook, Instagram, dan Netflix Urung Diblokir

Rahmi Yati
Selasa, 19 Juli 2022 - 17:07 WIB
Budi Cahyana
Sudah Daftar di Kemenkominfo, Akhirnya Facebook, Instagram, dan Netflix Urung Diblokir Netflix - Bloomberg

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Platform teknologi seperti Facebook, Instagram, hingga Netflix akhirnya mendaftar ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE) lingkup privat.

Dikutip dari laman pse.kominfo.go.id, per Selasa (19/7/2022), dari 124 PSE asing yang telah mendaftar, telah tampak nama-nama platform besar tersebut. Dengan kata lain, ketiga platform itu bisa dipastikan lolos dari ancaman pemblokiran oleh Kemenkominfo.

Advertisement

BACA JUGA: Gelombang Tinggi di DIY Bakal Menurun Beberapa Hari ke Depan, Ini Kata BMKG

Kemenkominfo telah berulang kali mengimbau platform digital baik domestik maupun asing seperti Google, Twitter, Facebook, WhatsApp, Intagram dan lainnya untuk segera mendaftar sebelum 20 Juli 2022.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan menjelaskan bagi para PSE yang sampai tanggal 20 Juli belum mendaftarkan diri kepada Kemenkominfo akan menerima sanksi administratif berupa teguran, denda administratif dan pemblokiran.

"Jadi tuh sebenarnya kami selalu membuat kemudahan buat PSE jika ingin mendaftar, kami berikan asistensi dan panduan misalkan temen PSE mengalami kesulitan," ucap Semmy, panggilan akrabnya di kantor Kemenkominfo, Selasa (19/7/2022).

BACA JUGA: Tim Bimasakti UGM Juarai Kompetisi Mobil Balap di Belanda

Merujuk penjelasan Semmy tersebut, artinya pemblokiran terhadap platform yang belum mendaftar setelah 20 Juli 2022, belum langsung diberlakukan kepada platform tersebut.

Adapun kewajiban pendaftaran ini sesuai regulasi yang tertuang pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No 5/2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perkuat Penerapan Hukum Lingkungan, KLHK Luncurkan I-Lead

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lava Bantal, Destinasi yang Dahulu Hanya Jadi Objek Penelitian Mahasiswa

Wisata
| Jum'at, 27 Januari 2023, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement