Advertisement

Serang Bumi, Suar Matahari Buat Jaringan Radio di Eropa dan Afrika Blackout

Mia Chitra Dinisari
Senin, 29 Agustus 2022 - 03:37 WIB
Sirojul Khafid
Serang Bumi, Suar Matahari Buat Jaringan Radio di Eropa dan Afrika Blackout Gambar lubang korona 13 Maret 2019. - Instagram @lapan_ri

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Serangkaian jilatan api matahari muncul Jumat (26 Agustus) setelah pertunjukan aurora berwarna hijau  yang mempesona menabrak atmosfer beberapa hari yang lalu.

"Sunspot AR3089 berderak dengan serangkaian semburan matahari kelas M [sedang] yang semakin intensif," kata SpaceWeather.com.

Advertisement

Solar Dynamics Observatory NASA menangkap suar yang sangat kuat pada pukul 07:16 EDT (1116 GMT) ketika populasi di Eropa dan Afrika mengalami pemadaman radio singkat.

Sebuah ejeksi besar partikel bermuatan dari matahari, yang dikenal sebagai lontaran massa koronal, dapat menyerang planet kita pada hari Senin (29 Agustus) dan memicu aurora di sekitar Lingkaran Arktik, menurut sebuah pernyataan dari Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional. 

Matahari pasti merasa kuat akhir-akhir ini, karena menghasilkan gelombang cuaca luar angkasa (terbuka di tab baru) untuk menandai dimulainya aktivitas maksimum siklus matahari 11 tahun.

BACA JUGA: Pemerintah Diminta Mewaspadai Teknologi 5G, Ini Sebabnya

Kawanan cahaya utara dan selatan terlihat awal pekan ini, termasuk dilihat dari luar angkasa oleh Samantha Cristoforetti dari Badan Antariksa Eropa. Astronot veteran mengatakan itu adalah badai paling kuat dalam 300 hari di luar angkasa.

Sebagian besar cuaca luar angkasa pada tingkat paling dramatisnya memberikan pertunjukan yang luar biasa bagi orang-orang di atau dekat Bumi, tetapi sejumlah kecil badai yang sangat kuat dapat merusak saluran listrik, satelit, dan infrastruktur vital lainnya yang menjadi sandaran planet kita.

Matahari lebih rentan terhadap temper tantrum ketika mencapai aktivitas maksimumnya, karena bintik matahari menyebar di permukaan dan garis magnet berputar dan patah. Jika badai diarahkan ke Bumi, itu dapat membuat aurora, pemadaman, dan efek lainnya.

NASA, Badan Antariksa Eropa, dan entitas penjelajah luar angkasa lainnya mengawasi cuaca matahari 24/7 untuk memberikan perlindungan terbaik bagi Bumi, manajer satelit, dan astronot yang bekerja di atas planet kita.

BACA JUGA: Xiaomi Pecat 900 Karyawan, Harta Pendirinya Berkurang Rp124 Triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perbaikan Tol Bocimi Akibat Longsor Ditargetkan Rampung Juni

News
| Selasa, 16 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement