Advertisement

Teleskop NASA Berhasil Tangkap Gambar Nebula Tarantula

Alifian Asmaaysi
Jum'at, 09 September 2022 - 08:27 WIB
Sirojul Khafid
Teleskop NASA Berhasil Tangkap Gambar Nebula Tarantula Gambar Nebula Tarantula yang ditangkap oleh NASA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Teleskop James Webb milik NASA dilaporkan berhasil menangkap detail baru dari pembibitan bintang 30 Doradus, yang dikenal sebagai Nebula Tarantula. Penampakan tak biasa tersebut jadi perhatian karena memberikan pemandangan spektakuler dan belum terjadi sebelumnya.

Teknologi tinggi yang dimiliki oleh teleskop James Webb Space berhasil mengungkapkan ribuan bintang muda yang belum pernah terlihat sebelumnya di wilayah pembibitan bintang, yang secara resmi diberi nama 30 Doradus. 

Advertisement

Detail baru yang luar biasa itu diambil oleh teleskop ruang angkasa senilai US$10 miliar. Dari hasil tangkapannya, tampak terlihat secara jelas gas dan debu di nebula, serta latar belakang galaksi misterius dibelakang yang berada sangat jauh dari bumi.

Detail baru luar biasa dalam gambar yang terabadikan di Doradus 30 tersebut dijuluki sebagai Nebula Tarantula karena penampilannya yang tampak seperti laba-laba.

BACA JUGA: Tak Dilengkapi Charger, Brasil Larang Apple Jual iPhone

Untuk diketahui, gambar Nebula Tarantula berhasil diabadikan dengan menggunakan kamera inframerah Webb, atau instrumen Nircam, yang membantu menyoroti bintang-bintang muda yang panas di wilayah tersebut. 

Bagian tengah Nebula Tarantula yang menyerupai liang laba-laba berongga dihasilkan dari aliran keluar gas panas dari sekelompok bintang muda yang telah mendorong debu dan gas yang lebih dingin dari nebula.

Dilansir dari Space.com, jika dilihat dari foto yang dibagikan oleh NASA, Nebula Tarantula juga tampak menyerupai sarang tarantula yang sedang menggali serta berlapis dengan sutra. 

Yang paling menakjubkan, Nebula Tarantula terletak pada jarak 161.000 tahun cahaya di  wilayah pembentuk bintang di the Large Magellanic Cloud yang merupakan sebuah galaksi kerdil paling terang di galaksi terdekat dengan Bima Sakti.

BACA JUGA: Kira-Kira Segini Pengguna Metaverse di Indonesia

Pengamatan baru dari Nebula Tarantula hanyalah beberapa dari banyak gambar menakjubkan yang dihasilkan oleh Teleskop Webb sejak NASA dan lembaga mitranya yang pertama kali mulai merilis pengamatan dari teleskop James Webb tersebut. 

Pencapaian teleskop James Webb tersebut nyatanya tak didapat secara instan. Sejak awal diluncurkan pada Desember 2021, setidaknya dibutuhkan lebih dari 20 tahun pengembangan pada teleskop ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement